Home / BMR / Kotamobagu

Selasa, 28 September 2021 - 21:18 WIB

Wali Kota Tatong Bara Terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kemen-PPPA

Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara.

Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara.

KOTAMOBAGU, KONTRAS MEDIA – Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, menerima piala dan piagam penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Kemen-PPPA) Republik Indonesia, Senin (27/9/2021) kemarin.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kotamobagu, Virginia Olii membenarkan, telah menyerahkan piala dan piagam penghargaan APE 2020 yang telah diserahkan Menteri PPPA, Jumat (24/9/2021) pekan lalu.

“Piala dan piagam sudah diserahkan sekaligus laporan tentang penghargaan dari kementerian kepada Ibu wali kota,” kata Virginia.

Dijelaskannya, penghargaan APE merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan daerah (Wali Kota Tatong Bara), dalam upaya mewujudkan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

“Alhamdulillah, kami telah menerima penghargaan kategori pratama,” ujarnya.

Menurutnya, untuk target ke depan, pihaknya akan terus berupaya bagaimana bisa naik tingkat.

“Insya Allah, berikut kita bisa meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Madya,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tatong Bara menyampaikan rasa syukurnya atas capaian prestasi yang kembali diraih Pemkot Kotamobagu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT



Menurutnya penghargaan dari pemerintah pusat ini merupakan bentuk pengakuan atas kinerja pemerintah daerah.

Di mana, Kota Kotamobagu sebagai daerah yang memiliki prakarsa dan komitmen dalam pencapaian kesetaraan gender melalui strategi pengarus utamaan gender (PUG) dengan meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

“Pemerintah pusat tentu tak main-main dalam memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah. Penghargaan ini secara langsung mengartikan bahwa pemerintah pusat memberikan pengakuan atas apa yang dilakukan oleh Pemkot Kotamobagu. Alhamdulillah saya sangat bersyukur atas raihan penghargaan ini,” kata wali kota.

Lebih lanjut wali kota mengatakan, untuk bisa mendapatkan penghargaan ini pemerintah daerah harus bisa memenuhi sejumlah indikator yang ditetapkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia.

“Anugerah Parahita Ekapraya (APE) pemerintah daerah harus memenuhi 7 komponen kunci mulai dari komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, alat analisis gender, data gender, serta partisipasi masyarakat. indikator-indikator ini semuanya harus dipenuhi oleh pemerintah daerah untuk mendapatkan penghargaan ini,” lanjut Walikota perempuan dengan segudang prestasi ini.

Diraihnya penghargaan ini kata wali kota, tentu tak lepas dari kerja keras semua pihak terkait, yang bisa bekerjasama, berkoordinasi dan saling kolaborasi dalam memenuhi berbagai indikator yang ada.

“Atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tinggi atas kerja keras perangkat daerah teknis serta semua pihak yang terlibat langsung dalam pemenuhan indikator-indikator ini, dan tentu yang paling penting adalah peran serta masyarakat yang ikut aktif memberikan dukungan kepada Pemkot Kotamobagu. Ini menandakan kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat di Kota Kotamobagu sudah berjalan dengan sangat baik,” ucap wali kota.

[saswp-reviews-form onbutton="1"]

Share :

Baca Juga

Masker

BMR

3000 Warga Kotamobagu Sudah Divaksin Tahap Pertama

BMR

Produksi Kopi Sinondag Milik Hasri Tembus Pasar Nasional
Halal Bihalal

BMR

Hadiri Halal Bihalal di Desa Bolangitang 1, ini Pesan Bupati Depri Pontoh
Vaksin Sinovac

BMR

1.900 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Bolmut, Tahap Awal Untuk Forkopimda dan Nakes
Kerukunan Umat Beragama

BMR

Wali Kota Tatong Bara Terima Kunjungan BKSAUA Provinsi Sulut
Protokol Kesehatan

Bolmut

Tak Pakai Masker, Jangan Harap Bisa Masuk ke Area Kantor Bupati Bolmut
LKPD 2020

BMR

Wali Kota Tatong Bara Serahkan LKPD 2020 Kotamobagu ke BPK RI
Sopir bentor

BMR

Sopir Bentor di Kotamobagu Siap-siap Divaksin Covid-19