/

Traffick Light Rusak, Dishub Kotamobagu Janji Lakukan Perbaikan

1 min read
Tilang Elektronik
Kondisi arus lalu lintas di simpang empat Kelurahan Matali, Kotamobagu Timur. (Foto: Reza Ramadhan)

KOTAMOBAGU, KONTRAS MEDIA — Tidak berfungsinya Traffick Light atau Lampu Merah di 3 titik, menjadi perhatian Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kotamobagu.

Menurut Kepala Dishub Kotamobagu, Usmar Mamonto, dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera melakukan perbaikan di 3 titik Traffick Light yang bermasalah.

“Jika tak aral melintang rencana perbaikanya nanti melalui anggaran APBD Perubahan. Ada 3 tempat yang saat ini rusak menggunakan Solar Cell, yakni di Perempatan jalan Kelurahan Molinow, dan Perempatan jalan Kelurahan Mogolaing serta di perempatan jalan Kelurahan Matali,” kata Usmar, Senin (28 /6/2021).

Diungkapkannya, untuk optimalisasi penggunaan, Traffic Light yang bermasalah tersebut nantinya akan dialihkan menggunakan daya listrik.

“Karena saat ini ketiga traffic light ini masih menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya  atau Solar Cell. Meski demikian, menjadi suatu kendala jika terjadi jadwal pemadaman listrik dari pihak PLN atau mengalami fluktuasi tegangan,” terangnya.

Usmar menambahkan, kalau pihaknya juga telah berkordinasi dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kotamobagu, terkait dengan proses pengadaan dan perawatan Traffic Light.

“Nantinya soal pengadaan dan perawatan itu ranah Dishub. Sementara soal pengisian pulsa listrik setiap bulanya nanti urusan Dinas PRKP. Kita sudah kordinasikan ini,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.