Home / BMR / Boltim

Selasa, 26 Oktober 2021 - 18:45 WIT

TP-PKK Boltim Menggelar Kegiatan Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi

BOLTIM, KONTRAS MEDIA – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar kegiatan Pelayanan Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi bersama mitra kerja, di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim, Selasa (26/10/2021).

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Boltim, Ny Seska Ervina Mamonto-Budiman mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan guna memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia atau Word Contraception Day (WCD).

“Memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia, Tim Penggerak PKK bekerjasama dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara dan Yayasan Kanker Indonesia, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) serta Dinas Kesehatan, untuk melaksanakan Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) test guna mendeteksi kanker serviks secara dini, dan Pelayanan KB semua jenis alat kontrasepsi,” katanya.

Ia menerangkan, Word Contraception Day (WCD) ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, tentang metode pengendalian kelahiran (birth control) yang tersedia bagi perempuan dan pasangannya, yang memungkinkan mereka membuat keputusan tepat terkait kesehatan reproduksi mereka.

“Kampanye global ini juga mendorong pendidikan yang lebih baik terkait seks yang aman dan terlindungi sehingga tidak ada kehamilan yang tidak direncanakan atau tidak diinginkan,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini indonesia sedang menghadapi Pandemi Covid-19 yang tentunya berdampak pada seluruh aspek kehidupan termasuk penyelengaraan pelayanan KB. Sementara itu, pencapaian program Keluarga Berencana sangat ditentukan oleh kesertaan Masyarakat, terutama pada pasangan Usia Subur (PUS). Oleh karena itu, sangat penting untuk terus menjalin kerja sama serta meningkatkan komitmen dan dukungan dari berbagai pihak untuk percepatan pencapaian program Bangga Kencana.

“Dukungan yang dapat di berikan oleh mitra kerja di antaranya Dukungan Kebijakan, Anggaran Pendukung di dalam  APBD, hingga tenaga lini Lapangan yang dapat membantu tugas para PLKB untuk mengerakkan Masyarakat agar tertarik menjadi calon Akseptor KB MKJP. Peran-peran tersebut dapat di lakukan oleh TNI, Tenaga Pengerak PKK, pendamping keluarga dan seluruh pihak terkait. Harapan kami, mari kita jadikan momentum hari Kontrasepsi Sedunia ini menjadi spirit untuk kita semua. Selamat Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2021,” tutupnya.(*/Vikar)

Share :

Baca Juga

BMR

Status PPKM Boltim Level Satu, Disdikbud Tunggu Instruksi Kementrian Untuk Sekolah Tatap Muka Normal
Pasar Ramadan

BMR

Pasar Ramadan Dilarang Pakai Badan Jalan
BLT UMKM

BMR

6 Desa di Kotamobagu Sudah Bisa Pakai APBDes 2021
KB Gratis

BMR

Dinas PP dan KB Kotamobagu Gelar Pelayanan KB Sejuta Akseptor Secara Gratis

BMR

Open Karate Internasional, 3 Atlet Kotamobagu Bawa Pulang Medali Emas
Tes SKD CPNS Kotamobagu 2021

BMR

Penuhi Syarat, MAN Kotamobagu Siap jadi Lokasi Tes SKD CPNS 2021
Kelangkaan Pupuk

DPRD Kotamobagu

Bahas Kelangkaan Pupuk, Komisi II dan Pemkot Kotamobagu Gelar Rakor
Oskar Manoppo

BMR

Wabup Boltim Resmikan Gerai Samsat BSG