/

Tenaga Medis Covid-19 Bakal Difasilitasi Menparekraf untuk Refreshing

2 mins read
Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com)

NASIONAL, KONTRAS MEDIA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengakui tenaga medis saat ini masih terus berjuang mengatasi lonjakan kasus covid-19.

Sandiaga mengatakan pihaknya bakal memfasilitasi tenaga medis untuk berwisata melalui program wisata nusantara tematik.

Dirinya menjelaskan, langkah tersebut masuk dalam program kemanusiaan karena dampak covid-19. Selain itu program tersebut secara tidak langsung bisa menjadi salah satu upaya reaktivasi usaha jasa parekraf.

“Perjalanan wisata nusantara tematik salah satunya juga adalah bagaimana nakes atau tim medis kita yang sekarang letih, lelah, itu bisa kita berikan refreshing di tempat-tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari tempat mereka bertugas, tapi bisa meringankan beban mereka,” kata Sandiaga saat rapat dengan Komisi X DPR, Selasa (26/01/2021).

Sandiaga mengakui kondisi saat ini membuat sektor perhotelan terdampak. Untuk itu, ia bakal mereaktivasi industri perhotelan yang juga untuk mendukung fasilitas tenaga kesehatan dan pasien terkonfirmasi tanpa gejala.

“Kita ketahui perhotelan dan teman-teman di usaha seputar perhotelan sedang mengalami tekanan yang luar biasa, sementara di sisi kesehatan memerlukan tempat untuk nakes dan pasien OTG,” ujarnya.

“Ini yang kita akan coba dorong dalam satu kegiatan yang betul-betul bisa dirasakan dampaknya oleh penanggulangan covid-19,” tambahnya.

Namun, Sandiaga belum mendetailkan mengenai program untuk tenaga medis tersebut, termasuk hotel mana saja yang digunakan hingga biayanya.

Selain kedua langkah tersebut, Sandiaga bakal memaksimalkan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability atau CHSE.

Selanjutnya terkait kemanusiaan juga bakal memperluas hibah dari Kemenparekraf. Ada juga gerakan BISA atau bersih, indah, sehat, dan aman yang akan terus didorong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.