Tatong Ajak Perempuan Kotamobagu Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid-19

1 min read
Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, saat menyerahkan bantuan bibit tanaman kepada perwakilan organisasi perempuan di Kotamobagu. (Foto: Kontras Media)

KOTAMOBAGU, KONTRAS MEDIA – Mayoritas rumah tangga, khususnya yang berada di Kota Kotamobagu, mengandalkan pemenuhan semua kebutuhan dapur dari membeli, baik berupa bahan mentah maupun barang jadi. 

Di masa pandemi covid-19 ini, membuka mata masyarakat di kota ini tentang ketahanan pangan. Keterbatasan pangan mulai dirasakan banyak orang hingga mulai mengisi waktu selama di rumah dengan memanfaatkan pekarangan sebagai lokasi berkebun.

Hal itu membuat pemimpin di daerah ini berkeinginan agar masyarakatnya tetap produktif dengan berkebun di rumah.

Kamis, (10/9/2020) kemarin, Walikota Kotamobagu, Tatong Bara, membagikan bibit tanaman bagi para organisasi perempuan, usai meresmikan taman bermain ramah anak di Kelurahan Motoboi Kecil.

Menurut Tatong, bantuan bibit tersebut merupakan perangsang bagi para perempuan Kotamobagu agar dapat memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam, baik tanaman sayur maupun buah-buahan.

“Pembagian bibit ini bertujuan untuk memanfaatkan semua potensi yang ada. Baik itu potensi lahan pekarangan ataupun kebun. Sehingga itu, penting untuk kita, khususnya perempuan untuk sama-sama bergerak dan tetap produktif,” ujar Tatong.

Tatong mengakui, dengan adanya pembatasan ruang gerak masyarakat di kondisi pandemi, mempengaruhi distribusi hasil pertanian dan ekonomi.

“Kondisi ini memaksa kita untuk tetap produktif meski hanya di lingkungan rumah. Semua demi memaksimalkan potensi agar kebutuhan rumah tangga bisa tercukupi. Semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita bisa beraktifitas normal kembali,” kata Tatong penuh harap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.