/

Sekda Bolmut Buka Sosialisasi dan Penyuluhan Kearsipan 2021

1 min read
Arsip
Sekda Bolmut saat memasangkan kartu peserta sosialisasi dan penyuluhan kearsipan tahun 2021

BOLMUT, KONTRAS MEDIA – Sekertaris Daerah (Sekda) Bolmut, Asripan Nani, membuka dengan resmi kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kearsipan bagi instansi penerintah dan swasta, bertempat di R.M Laviesta, Rabu (7/4/2021).

Dalam Sambutan Bupati Bolmut, Depri Pontoh yang dibacakan oleh Sekda, menyampaikan bahwa arsip ini merupakan salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan adimstrasi maupun birokrasi.

“Arsip Berfungsi sebagai pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksitensi dan untuk kepentingan organisasi ataupun Briokrasi, oleh karena itu arsip menjadi bagian yang penting untuk mendukung proses kerja adiminitrasi dan pelaksanaan fungsi fungsi manajemen Briokrasi,” kata Bupati.

Dikatakan bahwa sebagaimana amanat yang tertuang dalam Undang Undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan bahwa pembinaan, pengelolaan, penyelamatan, pelestarian dan pelayanan arsip atau informasi menjadi kewajiban lembaga kearsiapn.

“Untuk meningkatan pengatahuan, pemahaman dan keterampilan tentang pengolahan arsip sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka kegiatan sosialisai kearsiapn ini sangat penting artinya bagi pemerintah daerah untuk meyeragamkan taat kearsipan yang dinamis di setiap unit kerja serta meningkatkan tertib adiminstrasi dalam menjunjung tugas tugas pemerintah,” jelas Bupati.

Dirinya berharap melalui kegiatan tersebut dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta sosialisasi.

“Kiranya kepada pesrta sosialisai ini dapat memahami fungsi dan peranan maupun sangsi dalam pengelolaan arsip dalam sebuah pemerintahan, yang diharapkan dapat menciptakan sumber data manusia (SDM) aparatur yang bermutu dan bermartabat, meingkatkan sistem pengelolaan dan pemeliharaan kearsipan melalui penyediaan data yang akurat, serta mewujudkan pelayanan yang baik,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.