/

Pemkot Kotamobagu Dorong Pengembangan Destinasi Wisata di Wilayahnya

1 min read
Destinasi wisata
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta.

KOTAMOBAGU, KONTRAS MEDIA – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, akan ikut membantu pengembangan dua lokasi destinasi wisata yang ada di dua desa di Kota Kotamobagu.

Dua tempat wisata tersebut, yakni destinasi wisata Bukit Bambe’an di Desa Sia’, Kecamatan Kotamobagu Utara, dan destinasi wisata air terjun Molimpungan di Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, untuk tahun 2021 ini, Disbudpar sedang dalam tahap pembenahan tahap dua, terkait destinasi wisata Bukit Bambe’an di Desa Sia.

Kata Anki, untuk destinasi wisata itu pihaknya tahun kemarin sudah melakukan intervensi penataan untuk spot-spot dan papan nama.

“Nah, di awal tahun 2021 ini, sesuai dengan kesepakatan dengan Pemerintah Desa Sia’, yang dimana kita melakukan sering antara penggunaan Dana Desa (Dandes) dan mana yang harus dilakukan Disbudpar. Hasilnya, Dandes nanti akan diintervensi untuk penataan lanjutan, sementara Disbudpar akan membuatkan vidio promosinya,” aku Anki.

Sementara itu, untuk destinasi wisata air terjun Molimpungan yang ada di Desa Kobo Kecil, pihaknya sekarang tidak menitik beratkan hanya pada air terjunnya saja, akan tetapi lebih kepada faedah atau fasilitas lain di areal terbuka, seperti di sana bisa ada kemping atau perkemahan ataupun yang mau uji kekuatan kaki.

“Nanti akan dibuat tracking trek untuk haiking, karna pintu masuk dari jembatan gantung ke titik awal untuk menuju ke puncak atau air terjun kurang lebih sekitar 1 sampai 2 kilo meter. Selain itu akan dibuat lokasi kemping,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.