/

Pemkot Kotamobagu Akan Tambah Lahan TPA

1 min read
TPA Kotamobagu
Tempat Pembuangan Akhir Kotamobagu

KOTAMOBAGU, KONTRAS MEDIA – Semakin padatnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kotamobagu saat ini menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Kondisi ini memaksa Pemkot perlu memikirkan lokasi baru untuk menampung sampah.

Menurut Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Hendri Mokodongan, Kotamobagu membutuhkan lokasi untuk TPA baru.

“Kita telah beberapa kali melakukan pemantauan ke TPA yang saat ini, dan itu kemungkinan hanya akan bertahan sekitar satu atau dua tahun lagi untuk menampung sampah,” ujar Hendri, Rabu (19/5/2021).

Ia mengungkapkan, perencanaan pembebasan lahan untuk TPA baru sebenarnya sudah sempat dianggarkan namun terkendala pandemi Covid-19 sehingga masih tertunda.

“Sebenarnya anggarannya sudah ada, namun karena pandemi di awal tahun 2020 sehingga dana untuk lahan TPA baru di tiadakan. Nanti tinggal menunggu waktu yang tepat kita akan bahas lagi bersama wali kota untuk lahan TPA baru,” jelasnya.

Disisi lain Hendri mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah di aliran sungai ataupun drainase. Ia juga meminta ke masyarakat untuk lebih cerdas lagi dalam pemilahan sampah olahan rumah tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.