/

Pemkot dan Kantor Imigrasi Kelas II Kotamobagu Bangun Sinergitas Timpora

2 mins read
Timpora
Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kotamobagu, Tahun 2021.

KOTAMOBAGU, KONTRAS MEDIA – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu dan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu, komitmen bangun sinergitas dan intensitas Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora).

Itu tercermin lewat rapat koordinasi Timpora Kota Kotamobagu tahun 2021 yang dilaksanakan di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Rabu (24/3/2021).

Mewakii Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, Asisten Bidang Pemerintahan, Teddy Makalalag, membuka dengan resmi rakor Timpora tersebut yang dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM, Provinsi Sulut, Humaksono, SH.MH, Kepala Divisi Keimigrasian, Ganda Samosir, SH.MH dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kotamobagu, Usman, SE.MH.

Wali Kota dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan Kotamobagu menyampaikan bahwa keberadaan orang atau warga negara asing (WNA) yang melakukan kegiatan di wilayah hukum Indonesia, perlu mendapatkan perhatian seluruh instansi terkait.

“Oleh karen itu, bagi Pemerintah Kotamobagu, rapat Timpora yang kita laksanakan merupakan kefiatan yang sangat penting dan strategis, khususnya dalam rangka koordinasi antar instansi terkait dengan pengawasan orang asing, sesuai dengan bidang tugas masing-masing,” kata Wali Kota Tatong Bara.

Menurut Wali Kota, pengawasan orang asing menjadi sangat penting dan harus mendapat perhatian. Alasannya, jika dilihat dari posisi, maka wilayah Kotamobagu sangat strategis, baik sebagai daerah tujuan maupun daerah transit orang maupun barang.

“Yang bisa saja dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu, untuk melakukan berbagai kegiatan ilegal, seperti kejahatan narkoba, perdagangan manusia maupun kejahatan lainnya yang dapat mengancam stabilitas keamanan negara dan daerah kita tercinta,” jelas Wali Kota.

Wali Kota berharap, agar melalui rapat Timpora tersebut dapat menghasilkan kesamaan persepsi sekaligus meningkatkan semangat dan motivasi dalam melakukan pengawasan orang asing.

“Saya juga mengimbau kepada seluruh Timpora agar kiranya terus meningkatkan sinergitas dan intensitas kerjasama terutama dalam hal tukar menukar datandan informasi terkait pengawasan orang asing di daerah ini, dapat terlaksana dengan baik dan maksimal, sebagaimana menjadi harapan kita semua,” pungkas Wali Kota.

Sekadar diketahui, turut hadir dalam rapat koordinasi Timpora Kotamobagu, Kepala Disnaker Kotamobagu, Kepala Disparbud Kotamobagu, Kepala Kesbagpol Kotamobagu, Satpol-PP Kotamobagu, Kepala BNN Bolmong, Kepala Dinkes Kotamobagu, unsur TNI dan Polri serta beberapa instansi terkait lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.