Pemkab Bolaang Mongondow Timur Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-113

1 min read

ADVERTORIAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (20/05/2021), menggelar upacara dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke- 113, bertempat di halaman Kantor Bupati Boltim.

Upacara tersebut, dipimpin langsung Bupati Sam Sachrul Mamonto, didampingi Wakil Bupati Oskar Manoppo.

Dalam sambutannya, Bupati Sachrul mengatakan, ada tiga hal penting yang merupakan pesan dari Boedi Oetomo, yakni cita-cita untuk kemerdekaan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia.

“Tiga hal diatas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi saat ini,” ujar Bupati.

Lanjut Bupati mengatakan, pada era pra kemerdekaan, kebangkitan nasional mampu menjadi roh gerakan perlawanan terhadap Hegemoni penjajah. Menurutnya, peringatan hari kebangkitan nasional pun pada hakekatnya bukan sekedar menjadi ritual untuk mengenang kejayaan sejarah masa lalu. Peringatan hari kebangkitan saat ini sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa tangguh.

“Bangkit, Kita Bangsa Yang Tangguh. Tangguh dan optimistis menghadapi masa depan, kita hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini. Tangguh dalam menghadapi Pandemi Covid-19 , pandemi yang sudah melanda secara global lebih dari setahun ini. Sembari bersiaga menghadapi ancaman gelombang baru pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tegas Bupati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.