/

Pemda Bolmong Akan Bangun Tugu Perbatasan Bernuansa Adat Mongondow

1 min read
Tugu
Kantor Bupati Bolaang Mongondow dari Remini

BOLMONG, KONTRAS MEDIA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2021merencanakan pembangunan tugu perbatasan antara Kabupaten Bolmong dan Bolmut di Desa Pangi, Kecamatan Sang Tombolang.

Dari usulan anggaran pembangunan tugu tersebut, Pemkab mengalokasikan sebesar Rp250 juta.

Nantinya, pembangunan tugu akan dihiasi dengan ciri khas dan nuansa adat Mongondow.

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Bolmong, Muhammad Arif, Kamis (26/11/2020).

“Sejauh ini anggaran yang kita usulkan tercatat ada Rp250 juta. Anggaran itu dimaksudkan untuk pembangunan tugu perbatasan antara Kabupaten Bolmong dan Bolmut,” ungkap Arif.

Namun, sebelum proses pembangunan dilangsungkan pada tahun 2021 mendatang, Arif menyebut pihaknya masih akan melakukan survei titik pembangunan.

Selain itu, akan dilakukan koordinasi dengan Pemkab Bolmut untuk mendapatkan kesepahaman dalam rangka pembangunan tersebut.

“Tetapi, sebelum memasuki pelaksanaan pembangunan, kita akan melakukan koordinasi dengan Pemkab Bolmut. Apalagi kita berada di daerah yang kental dengan tradisi bobahasaannya, oleh karena itu, kita pastikan proses pembangunan akan dikoordinasikan dengan seluruh pihak,” tambah Arif.

Sementara itu, Pemkab Bolmong memilih pembangunan tugu di perbatasan Bolmong dan Bolmut karena untuk tugu yang ada di perbatasan Bolmong dan Minsel masih dalam kondisi yang bagus. Sehingga, dilakukan pembangunan tugu baru dengan daerah lainnya.

“Kalau untuk tugu batas dengan Minsel itu tinggal dilakukan pemeliharaan. Selanjutnya, perbatasan dengan daerah tetangga lainnya juga kita prioritaskan namun memperhatikan ketersediaan anggaran pemerintah daerah,” pungkas Arif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.