Home / BMR / Boltim

Senin, 25 Oktober 2021 - 18:20 WIT

Pekan ini DPMD Akan Gelar Bimtek SIPADES Untuk Sangadi Se-Boltim

BOLTIM, KONTRAS MEDIA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan menggelar bimbingan teknis (bimtek) SIPADES kepada seluruh Kepala Desa (Sangadi) se-Boltim.

Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di Paradise Resort Minahasa Utara (Minut) pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2021 nanti.

Kepala Dinas PMD, Herlina Damopolii mengatakan, Asas manfaat bimtek ini adalah, untuk lebih menertibkan administrasi terkait kepemilikan aset desa agar sesuai dengan peraturan yang berlaku, inventarisasi dan pendataan aset desa berbasis aplikasi (SIPADES).

“SIPADES merupakan aplikasi perencanaan administrasi aset desa berbasis sistem informasi mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan. Selain itu aplikasi ini juga  dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan pedoman umum kodefikasi aset desa,” katanya, Senin (25/10/2021).

“Menertibkan penggunaan aset desa agar dapat berdaya guna dan berhasil guna bagi pemerintah desa. Sekaligus untuk mempermudah pemerintah desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa.

Lanjutnya, kegiatan bimtek ini sangat penting karena bisa menjadi wadah untuk saling berkomunikasi serta sebagai langkah untuk mewujudkan pelaksanaan penyelenggaraan pembangunan desa sesuai dengan amanah Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dan aturan pelaksaannya.

“Kami tekankan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dan penting dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan menyampaikan pemahaman yang bersinggungan langsung dengan desa khususnya kekayaan pengelolaan aset desa berbasis aplikasi untuk mewujudkan adminstrasi desa yang transparan, akuntabilitas dan efektif serta efisien,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan terbitnya Undang-undang tersebut desa tidak lagi hanya menjadi objek pembangunan, akan tetapi harus menjadi subyek dan motor penggerak pembangunan yang aktif.

“Hadirnya aplikasi SIPADES untuk pengelolaan aset desa sangat diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan yang ada, serta meminimalisir kesalahan – kesalahan yang diakibatkan dalam rangkaian kegiatan pengelolaan keuangan aset desa. Dan adanya aplikasi SIPADES ini, pemerintah juga desa dapat memberikan perhatian serta komitmennya dalam rangka implementasi secara menyeluruh demi terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang sejalan dengan amanat peraturan perundang undangan,” tutupnya. (Vikar)

Share :

Baca Juga

Pelayanan Dukcapil

BMR

Disdukcapil Kotamobagu Pasang Kode QR di Kartu Keluarga
Usaha Cuci Kendaraan

BMR

Bisnis Cuci Kendaraan Abrizt Car Wash Beromset Jutaan Rupiah
Program Prioritas di tengah pandemi covid-19

BMR

Salat Idul Adha di Kotamobagu Akan Terapkan Prokes Ketat
Salat Tarawih Berjamaah

BMR

Salat Tarawih Berjamaah di Masjid Dibolehkan Dengan Sejumlah Syarat

BMR

Letakan Batu Pertama Pembangunan Taman Pengajian, Ini pesan Bupati SSM

BMR

Berbisnis Kuliner, Wanita Asal Moyag ini Raup Omzet Ratusan Ribu Rupiah per Hari

Boltim

Di Boltim, Peserta tes CPNS 2021 Wajib Swab PCR
HKN

BMR

Forkopimda Kotamobagu Ikuti Upacara HKN ke-113 Secara Virtual