Home / Kesehatan / Rehat

Senin, 28 Juni 2021 - 18:15 WIB

Obat Cacing untuk COVID-19, Moledoko Ungkap Alasan Ivermectin Tetap Didistribusikan

Moeldoko (Foto: Pixabay)

Moeldoko (Foto: Pixabay)

KESEHATAN, KONTRAS MEDIA – Ketua Umum HKTI, Moeldoko, mengakui ivermectin merupakan obat cacing. Namun Moeldoko mengklaim obat tersebut terbukti manjur dalam penyembuhan Covid-19 di berbagai negara.

“Saya selaku ketua HKTI, sungguh sangat mendukung program edukasi hari ini, untuk mengenalkan lebih dekat atau berkenalan lebih dekat tentang ivermectin sebagai salah satu obat yang telah terbukti efektif di dalam penyembuhan Covid-19 di berbagai negara. Walaupun kita tahu semuanya ivermectin digunakan untuk obat cacing,” kata ujar Moeldoko dalam sebuah webinar, Senin (28/6/2021).

Moeldoko lantas berbicara mengenai situasi krisis di masa pandemi. Dia menyebut perlu ada pemikiran kritis untuk menghasilkan sebuah solusi.

“Penyebaran di mana-mana, warna merah di mana-mana. Berikutnya, BOR semakin meningkat penggunaanya. Ketersediaan BOR semakin sempit, semakin sedikit. Berikutnya varian atau mutasi baru, kita paham bersama berbagai mutasi baru Covid-19 berada di mana-mana. Berikutnya vaksin belum semua dari kita mendapatkan vaksin. Dihadapkan dengan perkembangan Covid seperti itu, kami menilainya ini adalah situasi yang kritis, bukan situasi yang normal, maka diperlukan critical thinking, dan bahkan sebuah solusi dalam kondisi kritis seperti ini,” ujar dia.

Moeldoko mengungkap 33 negara di dunia sudah menggunakan ivermectin dalam menangani Covid-19. Data itu disitir Moeldoko dari FLCCC (Front Line Covid-19 Critical Care).

Moeldoko mengungkap 33 negara di dunia sudah menggunakan ivermectin dalam menangani Covid-19. Data itu disitir Moeldoko dari FLCCC (Front Line Covid-19 Critical Care).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT



“Menurut FLCCC alliance, sudah ada 33 negara yg menggunakan ivermectin dalam mengatasi Covid-19, antara lain Brazil, Zimbabwe, Jepang, dan India. Berdasarkan American Journal of Theurapetics ada penelitian yang melibatkan 3.406 partisipan yang terbagi menjadi 15 uji klinis, terbukti atau membuktikan bahwa ivermectin dapat mengatasi Covid sebesar 95 persen. Berikutnya ada juga hasil penelitian dari dari BIRD group yang melibatkan 24 uji klinis dari 15 negara dan 3.406 partisipan menunjukkan menekan tingkat kematian pasien covid,” ujar dia.

“Selain itu juga tercatat 15 negara sudah berhasil melawan Covid dengan menggunakan ivermectin. Peru, Meksiko, Slovakia adalah negara yang turut berhasil menekan jumlah penderita Covid-19 dengan penggunaan ivermectin,” sambung Moeldoko.

Atas pertimbangan kondisi dalam negeri dan pengalaman sejumlah negara, Moeldoko akhirnya memutuskan untuk berani mendistribusikan Ivermectin ke sejumlah daerah. Menurut dia, situasi krisis seperti ini mengharuskan setiap orang untuk membuat pilihan yang bijak.

“Saya Ketua Umum HKTI dan juga mantan jenderal TNI tentu berpikir sedikit berbeda di dalam melihat situasi ini. Untuk itulah saya mengambil keputusan untuk berani mendistribusikan ivermectin kepada anggota-anggota HKTI yang tersebar di Indonesia,” ujar dia.

Sumber: detik.com

[saswp-reviews-form onbutton="1"]

Share :

Baca Juga

Final Piala FA

Olahraga

Chelsea vs Leichester Berduel di Final Piala FA, ini Jadwal Siaran Langsungnya
Bulan Rajab

Hikmah

Doa di Bulan Rajab Serta Keistimewaannya
Obat Terapi Covid-19

Berita Nasional

Ini 8 Obat Terapi COVID-19 yang Dirilis Izin Edarnya oleh BPOM
Leicester vs Southampton

Olahraga

Leicester Geser Liverpool di Klasemen Usai Kalahkan Southampton 2-0
Hari Jumat

Hikmah

Umat Islam Wajib Tahu, ini Amalan Keutamaan Hari Jumat
Corona B117

Kesehatan

Virus Corona B117 Asal Inggis Sudah Masuk Indonesia
Sertifikat Vaksin

Kesehatan

Sudah Divaksin COVID-19? Begini Cara Mengecek Sertifikatnya
Vaksin Covid-19

Berita Nasional

Kelompok Lansia dan Umum Divaksin Corona Setelah Tenaga Kesehatan