/

Liverpool vs Manchester United: Red Devil Buas tapi Rapuh

3 mins read
Liverpool vc Manchester United
Skuad Manchester United saat merayakan gol

OLAHRAGA, KONTRAS MEDIA – Laga sarat rivalitas bakal tersaji pada pekan ke-18 Premier League 2020/2021. Manchester United bakal menghadapi Liverpool dalam laga yang akan dihelat di Anfield, Minggu (17/01/2021) malam.

Pertandingan ini bakal berlangsung dalam tensi tinggi. Pasalnya, rivalitas dan gengsi bakal menjadi bumbu laga ini.

Saat ini, Manchester United berada di atas angin. Posisi Setan Merah -julukan United- lebih bagus ketimbang Liverpool.

United berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 36 poin dari 17 pertandingan. Sementara, The Reds -julukan Liverpool- berada satu peringkat di bawah rivalnya itu dengan raihan 33 angka dari 17 laga.

Kendati saat ini masih di atas angin, ada sejumlah hal yang harus menjadi catatan bagi kubu United jika ingin meraih kemenangan pada laga ini dan bertahan di puncak klasemen. Apa saja hal-hal tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Lini Serang Setan Merah Buas
Jika ada yang menonjol dari kubu Setan Merah saat ini, hal tersebut adalah produktivitas mereka. Sejauh ini, Manchester United sudah mencetak 34 gol dari 17 pertandingan yang telah dilakoni. Ini artinya, dalam tiap laga, mereka rata-rata mencetak dua gol.

Produktivitas gol United ini berada di peringkat dua, di bawah Liverpool.

Sukses United mencetak 34 gol ini lebih baik ketimbang nilai expected goals (xG) mereka. Nilai xG United, dalam perhitungan Infogol, saat ini dinilai berkisar 31,0. Nilai xG United ini sendiri sejatinya berada di peringkat lima, di bawah Liverpool, Manchester City, Chelsea, dan Aston Villa.

Berdasar perbandingan jumlah gol dan nilai xG ini, United bisa disebut telah menunjukkan permainan yang sangat bagus, terutama dalam aspek memanfaatkan peluang. Bahkan, dari peluang yang secara matematis kecil pun, mereka bisa mencetak gol.

Benteng United Rapuh
Produktivitas Manchester United ternyata tak diikuti kokohnya pertahanan mereka. Sukses mencetak banyak gol, ternyata gawang Setan Merah juga kerap kebobolan.

Sejauh ini, gawang United sudah bobol 24 kali. Artinya, dalam tiap pertandingan gawang mereka kebobolan 1,41 kali. Catatan kebobolan United ini menempati peringkat 12 di antara tim-tim Premier League 2020/2021 musim ini.

Catatan kebobolan United ini pun tak jauh berbeda dengan nilai expected goals against (xGA) mereka. Dalam catatan infogol, nilai xGA Setan Merah mencapai 24,7 gol. sama seperti nilai kebobolan United, nilai xGA mereka pun sama-sama berada di peringkat 12.

Raihan United Lebihi Ekspektasi
Tak lepas dari produktivitas dan jumlah kebobolan mereka, performa United saat ini melebihi ekspektasi. Saat ini, United berada di peringkat pertama klasemen Premier League 2020/2021. Sementara, dalam perhitungan Infogol, Setan Merah semestinya berada di peringkat lima.

Perhitungan ini, menurut infogol, dilakukan dengan membuat permodelan terkait peluang yang diciptakan dalam upaya mencetak gol dan peluang lawan yang berbuah gol. Selain itu, model ini juga mensimulasikan poin yang didapat dari hasil pertandingan yang dilakoni.

Dengan metode yang sama, Infogol juga sudah memprediksi posisi United di klasemen akhir nanti. Setan Merah disebut bakal menjadi runner-up Premier League 2020/2021 musim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.