/

Kirim Keluhan Lewat Kinalang, Diskominfo Jamin Kerahasiaan Identitas Pelapor

2 mins read
Kinalang
Salah satu staf Dinas Kominfo Kotamobagu berdiri di depan ruangan kontrol Aplikasi Kinalang.

KOTAMOBAGU, KONTRAS MEDIA – Di Kotamobagu, masyarakat dapat mengirimkan keluhan terkait pelayanan publik yang dianggap belum maksimal melalui aplikasi Klinik Aspirasi dan Layanan Pengaduan (Kinalang).

Aplikasi yang dikembangkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu ini, dilaunching sejak 2019.

Kinalang merupakan salah satu sistem pelayanan berbasis teknologi milik Pemerintah Kotamobagu yang bisa merespon secara cepat berbagai keluhan masyarakat soal pelayanan publik.

Turuannya, agar terpenuhinya hak masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas serta dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja daerah.

Kepala Diskominfo Kotamobagu, Fahri Damopolii, mengatakan, melalui Kinalang laporan masyarakat bisa dilihat langsung oleh Wali Kota hingga seluruh Pimpinan Organisasi Daerah Kotamobagu.

“Semua keluhan-keluhan yang masuk bisa langsung dipantau. Mana laporan yang sudah diterima, terdisposisi, yang sudah ditindaklanjuti hingga yang belum. Masyarakat sebagai pelapor akan diberitahukan langkah-langkah penanganan yang dilakukan pemerintah terkait isi laporannya tersebut,” ujar Fahri.

Meski dalam proses pelaporan atas keluhan terbilang mudah, namum masih banyak masyarakat yang khawatir akan kerahasiaan identitas mereka sebagai pelapor.

Menanggapi hal itu, Fahri menjelaskan jika seluruh data hingga nomor kontak pelapor akan dirahasiakan.

“Tidak perlu khawarir. Sebab, semua data hingga nomor kontak yang digunakan saat menyampaikan keluhan ke Kinalang akan dijamin kerahasiaannya,” kata Fahri.

Lanjut Fahri, data masyarakat yang melapor tidak akan keluar dari pengawasan ketat Diskominfo.

“Ada regulasinya, di mana kerahasiaan data dari masyarakat ini dijaga dan dirahasiakan,” ujar Fahri.

“Jika keluhannya masuk, langsung kami berikan ke dinas terkait, setelah ditindaklanjuti maka akannkembali diberitahukan ke masyarakat yang mengirimkan keluhan tersebut,” sambung Fahri menjelaskan.

Fahri menambahkan, jika di aplikasi Kinalang pihaknya telah menyiapkan saluran-saluran penyampaian keluhan atau aspirasi dari masyarakat.

“Selain ada aplikasi SiKemas di dalam Kinalang, kami juga menyiapkan layanan center dengan nomor 08114348999 sekaligus nomor WhatsApp, kemudian ada akun facebook Kinalang serta twitter. Semua itu bisa digunakan dengan jaminan kerahasiaan data kami jaga,” tutur Fahri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.