//

Kelompok Lansia dan Umum Divaksin Corona Setelah Tenaga Kesehatan

1 min read
Vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin dari Pixabay.com

NASIONAL, KONTRAS – MEDIA – Vaksinasi tahap pertama akan dilaksanakan Rabu 13 Januari 2021 besok.

Itu disampaikan Menteri Kesehatan RI, Gunadi Sadikin yang memaparkan tahapan vaksinasi virus corona.

Kelompok pertama yang akan disuntik vaksin Sinovac itu adalah tenaga kesehatan yang berusia 18-59 tahun.

Vaksin tersebut sudah mengantongi izin penggunaan darurat atau emergency use authorization.

“Tahapan pertama diberikan 1,48 juta nakes di Indonesia, diharapkan bisa mulai besok atau minggu ini. Kemudian rolling mudah-mudahan akhir Februari bisa selesai,” kata Menkes dalam rapat dengan Komisi IX DPR secara daring, Selasa (12/1/2021), dikutip dari Detik.com.

Kelompok selanjutnya adalah petugas publik, termasuk di dalamnya TNI/Polri, petugas pelabuhan, stasiun, bandara, terminal dan pekerja lain yang sehari-hari bersinggungan dengan masyarakat.

Fakta menarik dan bermanfaat

Agak berbeda dengan negara lain karena ada yang sebagian besar menaruh lansia dulu karena lansia ini adalah orang-orang yang critical,” kata Menkes

Menkes menyebut kelompok lansia akan disuntik vaksin yang sudah uji klinis pada mereka di atas 60 tahun. Lansia bakal disuntik sekitar Maret-April dengan vaksin Pfizer atau AstraZeneca, lalu dilanjutkan dengan masyarakat umum.

“Kita akan mulai dengan petugas publik dan lansia itu sekitar Maret-April. Kalau selesai diharapkan akhir April atau awal Mei kita bisa melakuan untuk seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.