Kasus Corona Meningkat, Pemkot Edukasi Prokes Lewat Teknologi

2 mins read
Keluarga Berencana
Kepala Dinas PP dan KB Kotamobagu, Ahmad Yani Umar.

KOTAMOBAGU, KONTRAS MEDIA – Kasus corona di Kotamobagu terus bertambah. Berdasarkan update terakhir Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kotamobagu, 4 Januari 2021, jumlah positif covid-19 sebanyak 133 orang, sembuh 194 orang, meninggal 13 orang.

Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu pun terus berupaya menekan angka kasus dan melakukan pecegahan penyebaran virus corona.

Di antaranya dengan mengedukasi masyarakat untuk selalu taat protokol kesehatan melalui sistem informasi berbasis teknologi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, mengatakan pihaknya memaksimalkan teknologi untuk memberikan informasi-informasi berisi edukasi pencegahan covid-19.

“Melalui website kami, semua informasi berkaitan dengan perkembangan, peta sebaran, infografis, dan cara pencegahan covid-19 selalu diupdate setiap hari, agar bisa menjangkau seluruh masyarakat khsusnya pengguna smartphone maupun alat-alat teknologi informasi lainnya,” ujar Yani.

Yani menjelaskan, data yang masuk ke website yang dikelola dan dioperasikan oleh Diskominfo Kotamobagu, berasal dari instansi terkait yang menangani langsung kasus covid-19.

“Misalnya data dari Dinas Kesehatan maupun Rumah Sakit hingga Satgas Covid-19, itu semua masuk ke kami dan disebarkan melalui website, dan aplikasi sosial media lainnya,” jelas Yani.

Selain jejaring sosial, Yani juga megatakan alat pengeras suara yang ditempatkan di sejumlah titik keramaian turut dimanfaatkan.

“Ada sejumlah titik yang kami pasangkan alat pengeras suara plus CCTV untuk memberikan edukasi ke masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan,” ujar Yani.

Tak hanya itu, Yani mengungkapkan jika pihaknya juga mengontrol peralatan dan kesiapan proses rapat secara virtual.

“Kita manfaatkan teknologi virtual untuk melaksanakan rapat secara daring. Di masa pandemi ini, rapat melalui video conference sangat penting untuk dapat merumuskan dan memutuskan kebijakan terkait pelayanan publik dan pembangunan daerah,” tutur Yani.

Yani berharap, di awal tahun 2021 ini, pihaknya akan lebih meningkatkan profesionalisme, disiplin dan tanggung jawab.

“Terutama tugas pokok dan fungsi. Kami berkomitmen untuk menigkatkan kinerja demi terciptanya pelayanan publik yang maksimal secara prima dan menyeluruh,” ujar Yani.

Dia kembali mengingatkan, agar masyarakat selalu taat protokol kesehatan dan menjalankan langkah 3M untuk mencegah penularan covid-19

“Jangan lupa laksanakan protokol kesehatan, jangan lupa cuci tangan secara rutin, memakai masker dan menjaga jarak,” imbau Yani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.