Kapolda dan Pangdam XIII/Merdeka Dampingi Gubernur Canangkan Gerakan Sulut Sejuta Masker

3 mins read
Kapolda Sulut saat memasangkan stiker "Marijo Pake Masker". (Foto: Humas Polda Sulut)

MANADO, KONTRAS MEDIA – Upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara terus dilakukan semua pihak.

Kali ini Polda Sulut menggelar Gerakan Sulut Sejuta Masker secara masif dan serentak, yang juga dilaksanakan oleh Polresta dan Polres jajaran di Sulawesi Utara.

Gerakan Sulut Sejuta Masker dengan hashtag Marijo Pake Maker yang digagas langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra ini, dipusatkan di Polda Sulut dan diikuti secara virtual oleh seluruh jajaran, Selasa (29/9/2020) beberapa hari lalu.

Gerakan Sulut Sejuta Masker ini dilaunching oleh Plt Gubernur Sulut Agus Fatoni didampingi Forkopimda Sulut diantaranya Kapolda Sulut dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang

Menurut Gubernur Sulut, dengan gerakan ini, pemanfaatan masker bisa lebih masif lagi dan seluruh masyarakat lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan covid, dengan melakukan 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan

“Mari kita semua saling mengingatkan agar disiplin dalam penerapan protokol kesehatan,” ujar Gubernur.

Sementara itu Kapolda dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dalam upaya melakukan pencegahan covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara.

Berbagai upaya pencegahan katanya telah dilakukan bersama dengan Gugus Tugas dan Forkopimda, antara lain sosialisasi arti pentingnya 4M.

Selain sosialisasi, Polri dan TNI juga membackup Satpol PP melaksanakan Operasi Yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan.

Upaya lain yang dilaksanakan adalah penyemprotan massal disinfektan, yang hari ini juga katanya dilaksanakan serentak oleh Polri, TNI dan Damkar.

“Tujuan Gerakan Sulut Sejuta Masker ini adalah bagaimana kita seluruh elemen mengingatkan masyarakat untuk tetap menjadikan masker sebagai gaya hidup baru, di tengah pandemi covid-19,” ujar Irjen Pol Panca Putra.

Kegiatan Gerakan Sejuta Masker ini juga kata Kapolda, untuk mengingatkan seluruh kontestan Pilkada agar sama-sama menaati protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada Serentak 2020.

Gerakan Sulut Sejuta Masker ini dilakukan dengan pembagian masker di kurang lebih 1.500 titik di seluruh Sulawesi Utara, mulai dari tingkat desa, dengan total masker yang dibagikan sebanyak 1.150.000 pieces masker. Khusus Satker Polda Sulut melaksanakan pembagian masker gratis kepada warga di 27 titik yang tersebar di Kota Manado dan sekitarnya.

Sebelum pelaksanaan pembagian masker secara serentak dan masif di seluruh wilayah Sulut, Forkopimda yang hadir menyerahkan masker secara simbolis kepada perwakilan elemen masyarakat yang ada, penyerahan bantuan masker oleh Ketua Bhayangkari Sulut Ny. Rita Panca Putra kepada Rumah sakit dan Puskesmas serta penyerahan pemasangan stiker Mari Jo Pake Masker pada kendaraan angkutan kota.

Hadir dalam acara Gerakan Sulut Sejuta Masker ini, para pejabat Forkopimda Sulut, Bhayangkari Sulut, Anggota DPD RI Maya Rumantir, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh, Ketua Bawaslu Sulut dan dihadiri oleh seluruh Forkopimda Kabupaten/Kota yang mengikuti kegiatan secara virtual.

Seluruh rangkaian kegiatan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19, diantaranya pengukuran suhu badan, memakai masker dan menjaga jarak. (Rendy Korompot)

Leave a Reply

Your email address will not be published.