Jangan Langsung Dibuang! Sisa Roti dan Sayuran Ternyata Bisa Dimanfaatkan Lagi

3 mins read
Sisa makanan
Ilustrasi roti dari Freepik

NEWS, KONTRAS MEDIA – Kalau memiliki sisa makanan di rumah jangan langsung dibuang. Karena sisa makanan tersebut bisa dimanfaatkan kembali. Untuk mengurangi dampak limbah makanan.

Setiap rumah pasti memiliki sisa makanan dan biasanya langsung dibuang begitu saja tanpa memilikirkan dampaknya bagi lingkungan. Padahal, sisa makanan itu bisa dimanfaatkan kembali.

Dilansir dari Food NDTV, ada 4 jenis sisa makanan yang bisa kamu manfaatkan kembali. Seperti kulit buah, sisa roti, telur, hingga sayuran. Bisa diolah menjadi makanan hingga kebersihan dapur.

Berikut 4 sisa makanan yang bisa dimanfaatkan kembali.

1. Roti

Roti salah satu makanan yang tidak bisa bertahan lama. Kalau tidak disimpan dengan benar, tekstur roti yang lembut bisa berubah menjadi kering.

Kalau kamu memiliki sisa roti yang telah mengering tapi waktu kadaluwarsanya masih panjang jangan langsung dibuang. Karena bisa kamu manfaatkan kembali.

Contohnya bisa dibuat roti panggang dengan olesan margarin hingga teksturnya renyah. Bisa juga dihaluskan menjadi tepung untuk balutan gorengan.

2. Kulit Buah

Banyak buah yang memiliki kulit tidak bisa dimakan. Seperti buah-buahan citrus, alpukat, dan semangka. Namun, sisa kulit buah ini bisa dimanfaat kembali lho.

Untuk kulit alpukat, kamu bisa jadikan pelembab wajah. Caranya dengan mengusapkan bagian dalam kulit alpukat ke wajahmu, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Lalu, kulit buah citrus seperti lemon juga bisa kamu manfaatkan untuk campuran adonan dessert. Bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan dapur. Sedangkan untuk kulit semangka, ternyata bisa dijadikan acar yang enak.

3. Sayuran

Saat memasak sayuran rebus atau panggang, ketika tidak habis pasti akan langsung dibuang. Padahal, sisa sayuran itu bisa diolah kembali menjadi hidangan yang lezat.

Kamu bisa membuat sup dari sisa sayuran rebus atau panggang. Kamu bisa mencampurkan sisa sayuran rebus dan panggang dengan menghaluskannya di dalam blender. Kemudian tambahkan beberapa bumbu untuk menghasilkan sup yang lezat.

4. Telur

Kalau kamu hobi membuat kue, pasti telah mengetahui kalau telur yang digunakan biasanya hanya berupa kuningnya saja. Sedangkan bagian putih telurnya dibiarkan.

Putih telur yang tersisa itu jangan langsung dibuang. Karena bisa dijadikan hidangan yang lezat. Kamu bisa mencampurkannya dengan beberapa butir telur utuh, lalu masak menjadi omelet.

Putih telur juga bisa dikukus dalam wadah, kemudian dipotong sesuai selera dan dimasak dengan bumbu balado atau tumisan yang enak. Putih telur juga bisa kamu campurkan ke dalam racikan sup.

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.