kiri kanan

Home / Rehat / Kesehatan

Kamis, 29 Juli 2021 - 08:00 WIT

Jaga Kesehatan Paru-paru dari Ancaman COVID-19 dengan 7 Jenis Rempah ini

Ilustrasi paru-paru sehat (Foto: Freepik.com)

Ilustrasi paru-paru sehat (Foto: Freepik.com)

KESEHATAN, KONTRAS MEDIA – Ada banyak jenis makanan yang dapat menyehatkan paru-paru, termasuk rempah dan bumbu dapur ini. Dengan mengonsumsinya bisa bikin pernapasan lega!

Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, maka penting untuk memerhatikan kesehatan paru-paru. Organ vital ini berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Kesehatan paru-paru bisa dijaga dengan konsumsi makanan yang tepat. Dengan begitu fungsinya akan optimal dan dampak positif akan dirasakan seseorang.

Respiratory Therapy Zone menjelaskan beberapa makanan baik dikonsumsi untuk menyehatkan paru-paru. Namun sifatnya bukan obat yang menyembuhkan, melainkan pendukung agar organ paru-paru berfungsi maksimal.

Ada pula rempah yang bagus dikonsumsi untuk kesehatan paru-paru. Mulai dari jahe, kunyit, hingga oregano. Rempah-rempah ini juga membantu membuat pernapasan lega.

Berikut 7 rempah yang menyehatkan paru-paru dan bikin pernapasan lega:

1. Jahe

Jahe sejak lama dikenal sebagai rempah kaya khasiat. Jahe bahkan dipakai sebagai salah satu ‘obat’ asthma. Sifatnya bukan hanya melawan peradangan, melainkan juga meningkatkan relaksasi otot polos di saluran udara paru-paru yang membuat pernapasan jadi lebih lega.

Pada beberapa penelitian, ekstrak jahe juga diketahui dapat membunuh sel kanker yang ada pada paru-paru. Kamu bisa mengolah jahe jadi wedang atau campuran minuman sehat lainnya. Minuman ini sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

2. Kunyit

Rempah yang menyehatkan paru-paru selanjutnya adalah kunyit. Seolah sepasang dengan jahe, rimpang berwarna kuning ini juga terkenal dengan sifat antiinflamasi-nya.

Curcumin pada kunyit ampuh melawan peradangan sekaligus membuat pernapasan lebih lega. Karenanya kunyit kerap diandalkan untuk mengatasi gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat hingga inflamasi yang menyebabkan sesak napas.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah rempah lain yang juga bermanfaat untuk atasi inflamasi. Sifatnya bukan hanya meredakan peradangan, melainkan juga memiliki senyawa antiseptik yang bantu tubuh melawan infeksi.

Sebuah hasil penelitian menunjukkan konsumsi bawang putih mentah baik untuk kesehatan paru-paru. Bahkan bisa mengurangi tingkat kejadian kanker paru-paru di kalangan perokok hingga 40%.

BELI MOBIL DENGAN HARGA TERJANGKAU HUBUNGI/KLIK GAMBAR :

SCROLL TO RESUME CONTENT



4. Bawang bombai

Bawang bombai dikenal sebagai sayuran, namun banyak orang juga menggunakan bawang bombai kering sebagai bumbu masakan. Perlu diketahui, mengonsumsi bawang bombai baik untuk kesehatan.

Jenis bawang manis ini bisa mengurangi inflamasi dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kombinasi ini bisa meningkatkan kesehatan sistem kardiopulmoner.

5. Cabai

Rempah yang menyehatkan paru-paru selanjutnya adalah cabai. Biasanya dipakai dalam bentuk bubuk untuk membumbui masakan. Selain menghadirkan rasa pedas, rempah ini juga merangsang sekresi sehat di dalam tubuh yang melindungi selaput lendir.

Hal ini penting karena paru-paru mengandung sejumlah besar jaringan selaput lendir, tempat pertukaran oksigen/karbon dioksida berlangsung.

Cabai juga mengandung beta-karoten yang merupakan antioksidan kuat yang telah terbukti meredakan gejala asma. Kandungan capsaicin pada cabai juga bantu melawan infeksi dan menyehatkan aliran darah. Tentu kondisi aliran darah yang sehat bisa meningkatkan nutrisi tambahan ke paru-paru.

6. Oregano

Oregano adalah herba populer dalam masakan Italia. Dikutip dari Times Now News (28/7), konsumsinya bagus untuk kesehatan paru-paru karena mengandung asam rosmarinic.

Komponen ini membantu mengurangi histamin dalam tubuh, yang diketahui menyebabkan peradangan. Oregano juga mengandung caryacrol yang membantu melegakan paru-paru. Selain itu, oregano memiliki sifat antimikroba yang membantu menjauhkan paru-paru dari infeksi dan patogen.

7. Thyme

Rempah yang menyehatkan paru-paru ini bernama timi atau thyme. Biasanya dipakai sebagai bahan pembuatan teh ataupun bumbu daging panggang hingga sup.

Thyme kaya akan antioksidan seperti apigenin dan luteolin. Antioksidan ini membantu tubuh melawan peradangan. Konsumsi thyme juga membantu mengendurkan saluran udara dan membersihkan paru-paru.

Share :

Baca Juga

Sabung Ayam

Hikmah

Hukum Sabung Ayam Dalam Islam dan Dalilnya
Surat Yasin

Hikmah

Keutamaan Surat Yasin: Doa Kesembuhan Hingga Diberi Kemudahan
Natal

Kesehatan

Kasus Covid-19 Terus Mningkat, Ibadah Natal di Sulut Digelar Live Streaming
Tsunami Covid-19

Kesehatan

Mengerikan! 400 Ribu Orang di India Terpapar COVID-19 Dalam Sehari, 3.500 Meninggal
Frekuensi 5G

Rehat

Dilelang Kembali, Frekuensi 5G Bakal Dinikmati di Indonesia
Vaksinasi saat Puasa Ramadan

Kesehatan

Ahli Beri Penjelasan Agar Masyarakat Tak Ragu Divaksin Saat Puasa Ramadan
Samsung Galaxy S12 Ultra

Rehat

Bikin Ngiler, Galaxy S21 Ultra Harga Rp22 Juta Paling Diburu di Indonesia
Salju di Arab Saudi

Hikmah

Disebut Tanda Kiamat, Salju Sudah Turun di Dua Wilayah Arab Saudi ini