/

Dua Faktor Penentu Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi

3 mins read
Minum Kopi
Ilustrasi menungkan kopi di cangkir. (Foto: Freepik)

KESEHATAN, KONTRAS MEDIA – Kopi umumnya dinikmati saat pagi hari atau sore hari. Namun, kapankah sebenarnya waktu yang terbaik untuk menikmati secangkir kopi?

Kopi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan cara yang tepat. Salah satu cara minum kopi yang tepat adalah dengan memperhatikan waktu konsumsinya.

Waktu yang paling umum untuk menikmati kopi adalah saat pagi hari dan sore hari. Namun, di antara kedua waktu tersebut tak jarang menimbulkan perdebatan antara waktu yang mana yang lebih tepat untuk minum kopi

Sebenarnya minum kopi di pagi hari atau sore hari sama-sama ideal. Namun, itu tergantung dengan faktor-faktor tertentu yang dimiliki seseorang.

1. USIA

Usia menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan saat minum kopi. Atau dapat dikatakan bahwa waktu yang ideal minum kopi dipengaruhi dari usia.

Untuk usia muda, minum kopi di pagi hari sangat baik untuk meningkatkan semangat. Seperti yang pernah dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan tahun 2016.

Para peneliti melibatkan mahasiswa yang merupakan peminum kopi. Peneliti kemudian menguji mereka dengan ujian memori pada pukul 6 pagi dan 2 siang.

Peneliti kemudian menemukan bahwa mereka yang diberi minuman kopi sebelum ujian pagi menunjukkan peningkatan kinerja. Sementara mereka yang diberi kopi sebelum tes sore tidak demikian.

Berbeda dengan usia tua atau di atas 50 tahun. Mereka terbukti memiliki kualitas memori lebih kuat di penghujung hari ketika mereka rutin minum kopi di sore hari.

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2012 menemukan bahwa minum kopi di sore hari bagi kalangan usia di atas 65 tahun dapat mengurangi penurunan kinerja memori.

2. KONDISI TUBUH

Waktu terbaik untuk minum kopi juga tergantung dengan kondisi tubuh seseorang. Sebab biasanya, yang dibutuhkan otak tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh.

Misalnya otak ingin menghindari rasa kantuk, tetapi tubuh menginginkan untuk beristirahat. Karenanya kamu harus menyesuaikan waktu minum kopi dengan kondisi tubuh.

Menurut Profesor Ahli Nutrisi dari University of California, Amerika Serikat, Zhaoping Li, dikutip dari detik.com, kemampuan masing-masing tubuh berbeda-beda dalam menyerap kafein. Kafein baru akan bereaksi beberapa jam setelah dikonsumsi.

“Jika kamu adalah orang yang memiliki toleransi rata-rata terhadap kafein, maka setelah minum kopi baik pagi atau sore harus lebih waspada selama 1-6 jam ke depan,” ujar ahli gizi Tamar Samuels.

Sementara ahli gizi Zhaoping Li menyarankan untuk minum kopi di waktu kerja yang berbeda dan melihat bagaimana reaksi tubuh. Jika kamu tidak merasakan apa-apa maka kamu mungkin harus coba di waktu lain.

Namun, jika kamu merasakan jantung berdebar-debar, insomnia atau kegelisahan maka pastikan untuk tidak minum kopi terlalu larut di hari kerja.

Lebih lanjut, Samuel menyarankan bagi orang yang lebih sensitif terhadap efek kafein harus membatasi konsumsinya di pagi hari untuk mencegah gangguan tidur, kecemasan dan detak jantung berdebar-debar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.