/

Disebut Tanda Kiamat, Salju Sudah Turun di Dua Wilayah Arab Saudi ini

2 mins read
Salju di Arab Saudi
Hujan salju turun di Arab Saudi

HIKMAH, KONTRAS MEDIA – Arab Saudi dikenal sebagai negara bersuhu panas berdasarkan sejarahnya. Namun ternyata salju bisa turun di negeri Arab tersebut.

Fenomena salju di Arab Saudi sudah beberapa kali terjadi. Namun hal ini selalu mengejutkan masyarakat di dunia karena disebut sebagai salah satu tanda kiamat di akhir zaman.

  1. Turaif
    Salju yang turun di Turaif terjadi pada 23 November 2016. Dua hari berikutnya, tanggal 25 November, suhunya mencapai -4 derajat celsius di wilayah perbatasan utara. Terdapat pula lapisan salju di wilayah tengah dan timur laut.

Tak hanya salju, perubahan suhu ini juga disertai hujan dan kilat. Bahkan, fenomena langka ini menyebabkan banjir dan dilaporkan 7 orang meninggal akibat musibah ini.

  1. Tabuk
    Pada bulan Januari 2020, masyarakat di dunia dikejutkan dengan turunnya salju di wilayah Tabuk, Arab Saudi. Mengutip CNN Indonesia, fenomena turun salju di Tabuk berkaitan dengan perubahan musim akibat posisi Bumi terhadap matahari.
Wilayah Kota Tabuk, Arab Saudi yang tertutup salju. (Foto: Twitter)

Saat itu posisi, matahari tengah berada di belahan bumi selatan. Sehingga Tabuk yang berada di posisi sekitar 27 lintang utara memasuki musim dingin. Perubahan musim juga menyebabkan sirkylasi cuaca yang ada di lingkar kutub utara bergerak ke arah selatan.

Tabuk berada di bagian barat laut Arab Saudi yang berbatasan dengan negara Yordania. Lokasinya cukup jauh dengan negara penting Arab Saudi seperti Makkah, Madinah atau Riyadh.

  1. Tabab
    Tabab menjadi wilayah Arab Saudi selanjutnya yang mengalami fenomena salju. Tepatnya pada 9 Februari 2021, kota yang biasanya memiliki hamparan padang pasir diselimuti oleh putihnya salju.
Salju di Arab Saudi
Wilyah Kota Tabab, Arab Saudi yang juga tertutup salju. (Foto: ABC/Detik.com)

Kota Tabab merupakan daerah yang terletak di barat daya Arab Saudi, dekat dengan perbatasan Yaman.

Badan Meteorologi Arab Saudi mengungkapkan bahwa salju tang turun di Tabab disertai dengan embusan angin dingin.

Pada tahun 2016, salju juga pernah terjadi di Makkah dan Madinah untuk pertama kalinya setelah 85 tahun. Sedangkan pada tahun 2019 saat umat muslim tengah melaksanakan ibadah haji, hujan es mengguyur kota suci tersebut. Jalan raya pun tergenang air.

Di wilayah timur tengah lainnya, pada 22 Desember 2016, wilayah Palestina, Suriah dan daerah lainnya juga pernah mengalami fenomena salju.

Leave a Reply

Your email address will not be published.