/

Dinkes Bolmong Siapkan 18 Vaksinator Covid-19 yang Sudah Terlatih

1 min read
Vaksinator Covid-19
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow, Erman Paputungan.

BOLMONG, KONTRAS MEDIA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) tengah merampungkan persiapan secara teknis pelaksanaan vaksinasi corona yang rencananya akan digelar Februari mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong, Erman Paputungan mengatakan, persiapan mulai dari tempat penyimpanan vaksin berupa cold chain (rantai dingin) telah disiapkan di masing-masing fasilitas kesehatan (faskes) yang akan menyelenggarakan vasksinasi Covid-19.

“Di rumah sakit dan semua puskesmas sudah sudah tersedia tempat peyimpanan vaksin yang sesuai standar, untuk menjaga suhu vaksin di kondisi idealnya sehingga kualitasnya tetap terjaga dari awal sampai pelaksanaan vaksinasi. Itu yang terlebih dahulu kita siapkan,” kata Erman.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan tenaga kesehatan (nakes) untuk vaksinator atau tenaga penyuntik vaksin yang tersebar di 18 faskes penyelenggara vaksinasi. Masing-masing faskes terdiri dari 1 orang vaksinator.

“Para vaksinator ini sudah mengikuti pelatihan secara virtual yang diselenggarakan oleh Dinkes Provinsi Sulut bekerjasama dengan balai pelatihan kesehatan (Bapelkes) Cikarang, Jawa Barat,” jelasnya.

Di sis lain, meski tahapan vaksinasi Covid-19 telah dimulai pada Rabu 13 Januari 2021 untuk skala Nasional yang diawali oleh Presiden Jokowi, dirinya tetap mengingatkan seluruh masyarakat di Kabupaten Bolmong untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan 3M.

Fakta menarik dan bermanfaat

“Tetap diingatkan tentang pentingnya protokol kesehatan terutama soal 3M, karena mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak dari kerumunan, juga menjadi salah satu cara efektif terhindar dari virus corona,” pungkasnya.

Penulis: Marshal Datundugon

Leave a Reply

Your email address will not be published.