Home / Kesehatan / Rehat

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:18 WIB

Cegah Kebotakan dan Jaga Kesehatan Rambut Kepala Dengan 6 Bahan Alami ini

Ilustrasi seorang pria yang mengalami kebotakan pada kulit kepala. (Foto: Freepik.com)

Ilustrasi seorang pria yang mengalami kebotakan pada kulit kepala. (Foto: Freepik.com)

KESEHATAN, KONTRAS MEDIA – Sejumlah bahan makanan memiliki nutrisi yang punya manfaat khusus. Bahkan enam bahan alami ini dikatakan bisa cegah kerontokan dan jaga kesehatan rambut.

Rambut membutuhkan nutrisi untuk tetap tumbuh dengan sehat dan kuat dari akar hingga ujungnya. Kesehatan rambut ini butuh untuk diperhatikan agar rambut tidak mudah rontok dan menyebabkan kebotakan dini.

Berbagai perawatan serta nutrisi dan suplemen tambahan bisa juga diaplikasikan pada rambut untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Tetapi jika ingin meminimalisir penggunaan bahan kimia, beberapa bahan alami bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

Bahkan bahan-bahan alami ini sudah dipercaya turun temurun dengan fungsinya yang sangat baik untuk rambut. Mengaplikasikan bahan-bahan alami berikut secara rutin dikatakan mampu cegah kerontokan dan jaga kesehatan serta kekuatan rambut.

Dikutip dari detik.com, berikut 6 bahan alami yang bisa mencegah kerontokan rambut.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang dipercaya turun temurun untuk mengatasi kerontokan rambut. Bahkan lidah buaya juga dikatakan mampu menyehatkan kulit kepada dan kondisi rambut yang mulai rusak.

Mengaplikasikan lidah buaya secara rutin pada rambut dikatakan mampu mengurangi produksi ketombe dan mencegah folikel rambut untuk mengeluarkan minyak yang berlebihan dari dalam kulit kepala. Lidah buaya ini juga banyak digunakan pada merek-merek shampo dan kondisioner.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat melembutkan rambut dan mencegah kerusakan protein pada rambut. Minyak kelapa bisa diaplikasikan baik sebelum maupun sesudah keramas bergantung pada jenis rambut dan manfaat yang ingin didapatkan.

Mengaplikasikan minyak kelapa sambilmemijatnya pada kulit kelapa dikatakan mampu menyehatkan kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Minyak kelapa juga sangat disarankan pada rambut dengan karakteristik yang cenderung kering dan pecah-pecah.

3. Minyak Ikan

ADVERTISEMENT

Sunat Moderen - Kota Kotamobagu Bolaang Mongondow Sulawesi Utara

SCROLL TO RESUME CONTENT


Konsumsi minyak ikan secara rutin dapat menjaga kesehatan rambut dari dalam. Minyak ikan dipenuhi dengan nutrisi yang padat serta protein yang juga dibutuhkan rambut untuk tumbuh dengan baik dan menjaga kesehatan serta kekuatan rambut.

Konsumsi suplemen omega 3 yang berasal dari minyak ikan dengan antioksidan terbukti dapat meningkatkan ketebalan rambut dan ketebalan helai rambut. Asam lemak pada minyak ikan dapat bekerja dengan baik untuk meningkatkan imunitas serta mengurangi rambut rontok.

4. Ginseng

Suplemen yang mengandung ginseng bukan hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh. Ginseng ternyata memiliki manfaat untuk menstimulasi folikel rambut.

Ginsenosida merupakan komponen aktif yang dimiliki ginseng dan memiliki efek positif yang bisa diberikan pada rambut. Baik melalui suplemen maupun perawatan rambut secara langsung dengan bahan-bahan yang dicampurkan ginseng dikatakan ampuh untuk jaga kekuatan dan cegah kerontokan rambut.

5. Jus Bawang Bombai

Baunya yang menyengat menjadi tantangan untuk menjaga kesehatan rambut. Sedikit menahan bau dari jus bawang bombai saat mengaplikasikannya pada rambut akan ampuh untuk menstimulasi pertumbuhan rambut dengan cepat.

Jus bawang bombai juga terbukti dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah yang berdampak sehat untuk rambut dan kulit kepala. Pada penelitian yang dilakukan pada hewan, jus bawang bombai ini mampu meningkatkan keratin yang menjadi elemen penumbuh rambut yang dihasilkan dari kutikula kelapa dengan aliran darah yang sehat di dalam kulit kepala.

6. Lemon

Baik air perasan jeruk lemon maupun minyak yang diproduksi oleh lemon, keduanya memiliki manfaat baik yang sama untuk menumbuhkan rambut. Minyak lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Mengaplikasikan air perasan lemon pada kulit kepala dan membiarkannya selama 15 menit sebelum dibilas dengan shampoo sangat efektif untuk mendapatkan manfaat baik lemon pada kesehatan rambut. Selain itu minyak esensial dari lemon juga bisa digunakan sebagai hair mask untuk mencegah produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut.

Share :

Baca Juga

Jokowi Divaksinasi Covid-19

Berita Nasional

Jadi Orang Pertama, Jokowi Sudah Divaksin Covid-19
ASI

Kesehatan

Dianjurkan dalam Al-Quran, Pemberian ASI Penting Bagi Bayi
Positif Covid-19

Kesehatan

4 Warga Kotamobagu Positif Covid-19 Sembuh
Doa Safar

Hikmah

Doa Safar Dibaca Saat Bepergian
Swab anal

Kesehatan

China Perkenalkan Swab Anal Deteksi Corona
information and communication technology

Ekonomi

Pengembangan Bisnis ICT, Kotamobagu Masuk Daftar 8 Kota Paling Potensial di Indonesia
TikTok

Rehat

Tren TikTok ini Ternyata Berisi Kekerasan dan Akun Porno
WhatsApp

Berita Nasional

Beredar Kabar WhatsApp Curi Data Rekening Bank Ternyata Hoax