Home / BMR / Bolmut

Rabu, 16 Juni 2021 - 20:05 WIB

Bupati Tutup Dengan Resmi Pelatihan Pendidik dan Konselor Sebaya di Bolmut

Bupati Bolmut Depri Pontoh saat menyerahkan piagam kepada Dyta Genre Kabupaten Bolmut.

Bupati Bolmut Depri Pontoh saat menyerahkan piagam kepada Dyta Genre Kabupaten Bolmut.

BOLMUT, KONTRAS MEDIA – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Depri Pontoh menutup secara resmi kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya yang dirangkaikan dengan Apresiasi Pemilihan Duta Genre Tahun 2021.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di RM Laviesta Bolmut dengan tetap mengikuti prptokol kesehatan.

Dalam sambutannya Bupati Bolmut menyampaikan, pembinaan remaja memiliki peran strategis pertama karena remaja merupakan individu calon penduduk usia produktif pada saatnya kelak akan menjadi pelaku pembangunan sehingga harus disiapkan agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

“Usia remaja merupakan individu calon orang tua bagi anak yang memiliki perncanaan dan kesiapan berkeluarga sehingga terhindar dari perkawiana anak dan nantinya akan melahirkan anak stunting,” ujar Bupati.

Kesiapan keluarga jelas Bupati, merupakan kunci terbangunnya ketahanan keluarga dan keluarga berkualitas.

“Dengan demikian apa bila gagal membina remaja bukan hanya menjadi ancaman kegagalan pembagunan tetapi ancaman kegagalan generasi berikutnya, diman dilihat dari data angka pernikahan anak di Kabupaten Bolmut tahun 2019 terdapat 44 kasus dan tahun 2020 naik menjadi 173 kasus sehingga pembinan remaja menjadi prioritas utama dalam pencegagan sstuntin,” papar Bupati.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, program Genre (Generasi Berencana) adalah jawaban ancaman kegagalan generasi berikutnya, program genre bertujuan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia pernikahan.

ADVERTISEMENT

Sunat Moderen - Kota Kotamobagu Bolaang Mongondow Sulawesi Utara

SCROLL TO RESUME CONTENT


“Sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terncana, berkariri dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perncanaan sesuai siklus kesehatab Repoduktif,” kata Bupati.

Genre adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjahui pernikahan dini, seks pra nikah dan napza, guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan guna mencegah lahirnya anak stunting.

Bupati Bolmut Mengharapkan bahwa untuk mencapai di atas maka dibentuk pengurus forum generasu berencana dan pemilihan duta genre tingkat Kabupaten Bolmut, yang merupakan pertama kalinya dibentuk dengan harapan program kepada remaja di Kabupaten Bolmut.

“Keterpilihan duta genre akan menjadikan genre sebagai ICON remaja yang berncana sebagai ROLE MODEL bagi remaja di Kabupaten Bolmut. Dengan jumblah 36 kelompok pusat informasi konseling remaja yang terbesar di enam kecamatan diharapkan dapat menjadi wadah berkumpulnya, berbagai cerita, berkreaktivas dan saling tukar informasi saya mengharapkan agar kelompok ini dapat diaktifkan, dikembangkan dan dimanfaatkan oleh pengurus forum genre agar terjalin hubungan komunikasi yang efektif, kooperatif dan mampu membantu remaja lain yang dalam permasalahan,” jelas Bupati.

Turut Hadir Asisten Adimstrasi Umum Sekda Bolmut, Uteng Datungsolang, Staf Khusus Bupati Bolmut, Eddy Pontoh, Pimiman OPD terkait, para Camat Serta Peserta Genre.

Share :

Baca Juga

covid-19

Berita Nasional

13 Kasus Baru Konfirmasi Positif Covid-19 di Kotamobagu
Vaksinasi

BMR

Agung Adati: Besok 25 Anggota DPRD Kotamobagu Terima Vaksin
Kesetaraan Gender

BMR

Kesetaraan Gender, DPPKBP3A Bolmut Fasilitasi Pelatihan PPRG
Covid-19

Boltim

7 Kecamatan di Boltim Masih Zona Orange, Warga Diminta Tak Abai Prokes
Cuti dan Gaji ASN

BMR

Penerapan Cuti dan Gaji Berkala ASN Kotamobagu Segera Dirilis
Roti manis

BMR

Buka Usaha Pembuatan Roti Manis, Sumargih Raup Keuntungan Besar
BST

BMR

6.419 Keluarga Penerima Manfaat Kotamobagu Terima BST
Kuliner

Kotamobagu

Kolombeng Arafah Kotamobagu Tembus Pasar Luar Daerah