/

Bolmong Terima 2.000 Dosis Vaksin Sinovac

2 mins read
Vaksin Sinovac
2.000 dosis vaksin covid-19 tiba di Kabupaten Bolmong

BOLMONG, KONTRAS MEDIA – Vaksin Covid-19 sebanyak 2000 dosis telah tiba di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Vaksin tersebut langsung diamankan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, Rabu (27/1/2021).

Dinkes sendiri memiliki tempat penyimpanan atau cool chain yang khusus untuk menyimpan vaksin.

Kepala Dinkes Bolmong, dr Erman Paputungan ketika dikonfirmasi mengaku jika program vaksinasi Covid-19 akan didahului oleh para tenaga medis yang ada di Bolmong. Rencananya, program tersebut akan berlangsung di bulan Februari.

“Kita akan jadwalkan program vaksinasi Covid-19 akan dilaksanakan pada bulan Februari,” ungkap dr Erman.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Bolmong, Yusuf Detu menjelaskan, beberapa daerah menjadi prioritas dan didahulukan, apalagi bagi daerah-daerah yang berbatasan dengan Ibukota Provinsi Sulut, seperti Bitung, Kota Tomohon dan beberapa daerah lainnya.

Untuk itu, dia berharap pelaksanaan vaksin yang akan dilakukan ini khusus Bolmong dapat berjalan dengan lancar dan diterima oleh masyarakat.

“Sosialisasi kita lakukan di masing-masing Puskesmas. Langsung kepada masyarakat, agar masyarakat tidak beranggapan buruk tentang vaksin ini,” kata Yusuf.

Yusuf menambahkan, vaksinasi yang akan dilakukan tersebut berdasarkan kelompok usia mulai dari 18 tahun hingga 59 tahun. Selanjutnya bagi anak-anak dan orang tua lanjut usia, masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kemenkes.

“Kemudian, yang memiliki riwayat penyakit berbahaya seperti jantung dan lain sebagainya, termasuk yang sudah mendapatkan vonis positif covid berdasarkan hasil pemeriksanaan tidak diperbolehkan divaksin,” tambah Yusuf.

Di sisi lain, 2000 vaksin tersebut telah diterima dan langsung disimpan di tempat khusus yakni Cold Cain. Kondisi vaksin tersebut diterima secara utuh oleh Dinkes Bolmong.

“Sementara untuk penyaluran di tiap puskesmas se-Bolmong masih dilakukan koordinas dengan pihak Puskesmas. Kita masih melakukan persiapan-persiapan kemudian didistribusikan. InsyaAllah secepatnya, yang pasti Februari kita lakukan vaksinasi,” pungkas Yusuf.

Leave a Reply

Your email address will not be published.