Home / BMR / Boltim

Senin, 27 September 2021 - 21:46 WIB

Bantu Percepat Pembangunan Ekonomi, Lestari Akan Maksimalkan Potensi Pariwisata Boltim

Lestari akan maksimalkan potensi pariwisata di Kabupaten Boltim

Lestari akan maksimalkan potensi pariwisata di Kabupaten Boltim

BOLTIM, KONTRAS MEDIA – Dalam memperingati World Tourism Day, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dilirik oleh Lembaga Strategis Pariwisata Republik Indonesia (Lestari) sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi wisata terbaik untuk dimaksimalkan.

Hai ini dikarenakan beberapa tempat pariwisata di Boltim banyak memunculkan kesempatan baru untuk menjadi agenda membantu percepatan pembangunan ekonomi Boltim.

Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto mengatakan, citra suatu daerah sangat ditentukan oleh infrastruktur dan sektor pariwisata dengan menerapkan prinsip-prinsip pembangunan dalam setiap kebijakan maupun rencana pembangunan yang akan dilaksanakan.

“Aspek penting pendukung terjaminnya pariwisata di Bolaang Mongondow Timur, sudah berjalan baik dan memiliki ujung tombak promosi. Berbagai alternatif dan langkah promosi akan kita lakukan karena masyarakat luas akan menilai suatu daerah layak atau tidak untuk dikunjungi untuk berwisata,” kata Bupati Boltim, Senin (27/09/2021).

Lanjtunya, pariwisata menjadi agenda setiap proses pembangunan. Oleh karenanya, seluruh pemangku kepentingan harus menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam setiap kebijakan maupun rencana pembangunan yang akan dilaksanakan.

“Kami siap kerjasama dengan Lestari untuk sama-sama menjadikan Boltim sebagai salah satu Destinasi Pariwisata yang hebat,” ujar SSM.

Disisi lain, Ketua Dewan Pertimbangan Lembaga Strategis Pariwisata Republik Indonesia (LESTARI) Refindo Tawaris, sepenuhnya mendukung program pembangunan pariwisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT



Ia mengakui bahwa Bupati Boltim sementara mengembangkan berbagai atraksi wisata secara periodik dan membangun lokasi-lokasi destinasi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang bisa bersaing dengan kabupaten kota lainnya di Provinsi Sulawesi Utara.

“Kami mendukung program pembangunan destinasi pariwisata di kabupaten Boltim. Kami berupaya mengembangkan atraksi wisata dan meningkatkan kualitas destinasi wisata bersama pemkab boltim untuk bisa bersaing dengan daerah lain di Sulut ,” katanya.

Lanjut Refindo, pembangunan pariwisata harus mampu memberikan dampak positif bagi sosial ekonomi masyarakat seperti menumbuhkan kesempatan kerja, atau bahkan menjadikannya sebagai masyarakat yang mandiri secara ekonomi.

“Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan di sektor pariwisata dikenal dengan konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan yang pada intinya mengandung pengertian pembangunan pariwisata yang tanggap terhadap minat wisatawan dan keterlibatan langsung dari masyarakat setempat dengan tetap menekankan upaya perlindungan dan pengelolaannya yang berorientasi jangka panjang,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk itu pembangunan destinasi wisata boltim perlu dikembangkan menekankan bahwa proses pembangunan harus layak secara ekonomi, dilaksanakan secara efesien untuk dapat memberikan nilai manfaat ekonomi yang berarti baik bagi pembangunan wilayah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

“Promosi Destinasi Wisata dilaksanakan secara efesien untuk dapat memberikan nilai manfaat baik bagi pembangunan wilayah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang memanfaatkan sumber daya lokal dan dapat diadopsi oleh masyarakat secara mudah untuk proses pengelolaan yang berorientasi jangka panjang. Pembangunan pariwisata juga harus mampu memberikan dampak positif dan menumbuhkan lapangan kerja,” tutupnya

[saswp-reviews-form onbutton="1"]

Share :

Baca Juga

Cuti dan Gaji ASN

BMR

Sudah 2.614 Pendaftar CPNS di Kotamobagu
Bus Sekolah

BMR

Dishub Kotamobagu Terapkan Protokol Kesehatan di Bus Sekolah

BMR

50 Pedagang Disiapkan Tempati Pasar Kuliner
Gas Elpiji

BMR

Pemkot Imbau Masyarakat Beli Elpiji Langsung di Pangkalan Resmi
Atlet

BMR

Porprov 2021, Dispora Kotamobagu Siapkan Atlet
CPNS

BMR

CPNS Kotamobagu Formasi Tahun 2020 Mulai Magang
Wali Kota Kotamobagu menyerahkan bantuan untuk masyarakat pada program kota tanpa kumuh usai melaunching Padat Karya Tunai, Cash for Work.

BMR

Pemkot Kotamobagu Launching Padat Karya Tunai Cash for Work
Protokol Kesehatan

BMR

Pemda Bolmut Godok Pelaksanaan Belajar Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19