/

6 Buah ini Dipercaya Bisa Bikin Awet Muda

4 mins read
Buah untuk awet muda
Ilustrasi buah pepaya dari Freepik.com

KESEHATAN, KONTRAS MEDIA – Buah segar mengandung vitamin yang tinggi, termasuk buah lokal yang harganya murah meriah. Salah satu manfaat konsumsi buah untuk jaga kesehatan kulit sehingga awet muda.

Selain rutin menjaga pola makan serta melakukan perawatan kulit, ada cara mudah dan enak yang bisa diterapkan untuk menjaga kecantikan. Jika kulit sehat maka kamu akan punya wajah yang segar dan tampak awet muda.

Tak perlu buah mahal yang harganya menguras isi kantong. Ada banyak buah lokal yang enak dan murah meriah yang khasiatnya sudah terkenal untuk menjaga kesehatan. Ada buah pepaya hingga tomat yang siap membuat awet muda.

  1. TOMAT

Tomat terbilang buah yang sangat mudah didapatkan dan harganya murah meriah. Dengan mengonsumsi tomat merah setiap hari, kamu bisa mendapatkan kulit yang putih merona. Kandungan vitamin C pada buah tomat memberi pengaruh besar pada pembentukan kolagen.

Selain putih merona, tomat juga membuat kulit lembut dan kenyal. Tomat kaya akan likopen yang bertindak sebagai tabir surya alami. Khasiat buah tomat untuk kesehatan kulit akan semakin maksimal jika tomat diolah dengan cara dimasak lebih dahulu.

Manfaatnya yang baik untuk kulit menjadikan tomat kerap jadi campuran dalam produk kecantikan. Jadi perbanyak konsumsi tomat untuk kulit mulus dan sehat.


2. PEPAYA

Pepaya termasuk salah satu superfood yang punya banyak khasiat untuk kesehatan. Secara alami, pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Pepaya juga mengandung kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan vitamin B kompleks yang penting untuk kesehatan kulit.

Buah dengan nama latin Carica Papaya L ini juga mengandung enzim papain yang mampu memberikan khasiat antipenuaan berkat khasiat antiinflamasi yang dimilikinya. Satu lagi yang tak boleh terlupakan, pepaya juga ampuh menjaga sistem metabolisme sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan.


3. DELIMA

Buah delima kaya vitamin A, C, dan E yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Konsumsi buah delima segar membantu melindungi kulit sehingga membuat tampil awet muda. Regenerasi sel kulit juga semakin optimal jika sering mengonsumsi buah delima.

Dilansir dari Healthline (14/6) kandungan antioksidan dalam buah delima bahkan lebih tinggi daripada teh hijau. Nutrisi kompleks ini mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi potensi inflamasi.


4. ALPUKAT

Alpukat merupakan sumber lemak sehat dengan vitamin E berlimpah yang akan membantu melindungi elastisitas kulit. Alpukat mengandung senyawa unik yang disebut lemak polihidroksilasi. Zat ini dapat melawan inflamasi, melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan membantu mempercepat perbaikan sel yang rusak.

Alpukat juga kerap diandalkan sebagai pelembab kulit alami. Sudah sejak lama alpukat dimanfaatkan sebagai masker. Biasanya penggunaannya dicampur madu lalu diaplikasikan pada permukaan kulit sebagai masker alami.


6. MANGGA

Selain rasanya manis dan enak, mangga juga kaya akan vitamin A dan vitamin C. Dua vitamin ini memberi pengaruh besar pada kesehatan kulit. Mangga juga mengandung antioksidan yang membantu melawan tanda penuaan dini seperti keriput.

Betakaroten dalam buah mangga matang bersifat fotoprotektif yang bisa membantu melindungi kulit dari efek negatif sinar ultraviolet matahari. Konsumsi mangga langsung dalam keadaan segar agar nutrisinya masih terjaga dan manfaatnya bisa langsung terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.