/

5 Persiapan Penting Sebelum Divaksin Covid-19

2 mins read
Persiapan Vaksinasi
Ilustrasi vaksinasi. (Foto: Freepik)

KESEHATAN, KONTRAS MEDIA – Vaksinasi covid-19 mulai dilakukan sejak dosis vaksin buatan Sinovac itu tiba di Indonesia. Seluruh daerah di Tanah Air memaksimalkan program vaksinasi.

Vakisnasi dilakukan tak lain, dengan harapan membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) dan menekan risiko kematian atau gejala yang lebih parah akibat infeksi covid-19.

Dikutip dari Detik.com, keberhasilan kerja vaksin sangat dipengaruhi oleh kekuatan sistem imun tubuh. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa diupayakan agar vaksin covid-19 bekerja efektif pada tubuh:

  1. Hindari minuman beralkohol
    Konsumsi alkohol disebut bisa mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan. Pasalnya, alkohol bisa mengganggu kerja imun sehingga tubuh akan kesulitan melawan infeksi virus yang masuk ke tubuh.
  2. Hindari stres
    Stres sangat berpengaruh pada kerja imun. Terlebih, stres berkepanjangan bisa meningkatkan produksi kortisol dan stres oksidatif pada tubuh, sekaligus menurunkan tingkat limfosit (sel darah putih) yang berfungsi mencegah infeksi.
  3. Makan makanan sehat
    Vaksin tidak bekerja secara instan. Maka itu, mengkonsumsi makanan bergizi bisa memengaruhi potensi efektivitas kerja vaksin pada tubuh. Usahakan untuk makan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral sebelum menerima suntik vaksin.
  4. Tidur cukup
    Tidur cukup selama 7 – 8 jam disebut mampu meningkatkan kerja sistem imun. Bahkan menurut studi dari International Journal of Behavioral Medicine, pada orang-orang dengan jam tidur kurang dari 5 – 6 jam sehari, efektivitas vaksin menurun hingga 50 persen.
  5. Berolahraga atau beraktivitas fisik
    Olahraga disebut sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan kerja sistem imun. Maka itu, tak ada salahnya berolahraga beberapa waktu sebelum menerima suntik vaksin. Atau lebih baik, olahraga bisa dijadikan bagian dari gaya hidup untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.