/

5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

4 mins read
Gigi
Ilustrasi gigi dari Freepik.com

KESEHATAN, KONTRAS MEDIA – Setiap orang pasti ingin sekali memiliki gigi yang putih dan bersih. Selain harus ke dokter gigi, bagaimana cara memutihkan gigi itu?

Biasanya, untuk memutihkan gigi harus melakukan perawatan khusus yang tentunya merogoh kocek yang cukup banyak. Tapi, ternyata ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi lho.

Berikut 5 cara memutihkan gigi secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sikat gigi

Cara memutihkan gigi yang paling utama adalah dengan menggosok gigi. Menurut dokter gigi di Minted Dental, biasakan sikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari.

“Metode pemutihan alami terbaik adalah dengan menerapkan kebiasaan sehari-hari, seperti menyikat gigi dua kali dalam sehari selama dua menit,” kata Onika Patel, DDS, dikutip dari Insider, Minggu (20/6/2021).

Seorang profesor di School of Dental Medicine di Tufts University mengatakan menyikat gigi akan mencegah bakteri dari makanan membentuk plak dan membuat gigi menjadi kuning. Jika tidak segera dicegah, plak akan terus menumpuk dan gigi menguning.

2. Minum air putih yang banyak

Tak hanya untuk menghidrasi tubuh, minum air putih ternyata juga bisa membersihkan gigi. Air putih akan menyingkirkan beberapa asam dan bakteri yang bisa membuat gigi menjadi kuning. Terlebih setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis.

3. Kumur dengan minyak kelapa

Cara memutihkan gigi secara alami satu ini ternyata sudah ada sejak dulu. Dikutip dari Instyle, metode ini bisa membantu memutihkan gigi dan meningkatkan kebersihan mulut.

Dalam metode ini, dianjurkan menggunakan minyak kelapa. Sebab, menurut studi yang dipublikasi di Journal of International Society of Preventive and Community Dentistry, minyak kelapa bisa mengurangi produksi Streptococcus mutans atau bakteri penyebab kerusakan gigi.

Caranya, kumur dengan satu sendok makan minyak kelapa selama 15-20 menit sebelum menyikat gigi kemudian buang. Setelah itu, sikat gigi seperti biasa agar gigi tetap bersih.

4. Sikat gigi dengan stroberi

Stroberi diketahui mengandung asam malat, zat pemutih alami yang bisa membantu mengangkat noda di permukaan gigi. Maka dari itu, para ahli juga menyarankan untuk menyikat gigi dengan stroberi. Gimana caranya?

Cara memutihkan gigi secara alami dengan stroberi, pertama haluskan stroberi dan campurkan dengan soda kue setengah sendok teh. Setelah itu, celupkan sikat gigi ke dalam campuran tersebut dan gosok perlahan.

Biarkan campuran itu menempel pada gigi sekitar lima menit, lalu bilas. Setelah itu, sikat gigi dengan pasta gigi biasa dan lakukan selama beberapa minggu sekali. Jangan terlalu sering melakukannya, karena asam sitrat dari stroberi bisa merusak email gigi.

5. Soda kue

Soda kue juga bisa menjadi pilihan cara untuk memutihkan gigi secara alami lho. Sifat abrasif yang terkandung dalam soda kue bisa membantu menghilangkan penumpukan plak pada gigi. Selain itu, soda kue juga mengandung alkali yang bisa menghilangkan noda.

Cara memutihkan gigi dengan soda kue ini, campurkan satu sendok teh soda kue dengan dua sendok teh air. Kemudian, gosok gigi dengan campuran tersebut dan bilas sampai bersih.

Setelah itu, sikat gigi dengan pasta gigi biasa. Disarankan untuk melakukan metode ini seminggu sekali, jika berlebihan bisa menggores email gigi dan menyebabkan gigi lebih sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.