/

5 Bumbu Dapur ini Ampuh Usir Lalat di Rumah

5 mins read
Cara Usir Lalat
Ilustrasi lalat (Foto: Freepik)

KESEHATAN, KONTRAS MEDIA – Lalat seringkali berterbangan dan mengganggu di rumah. Ternyata lima bumbu dapur ini tergolong ampuh untuk bantu usir lalat.

Lalat merupakan serangga yang banyak ditemukan dan mengganggu di rumah. Lalat seringkali berterbangan di sekitar makanan atau bahkan hinggap pada makanan tersebut.

Hinggapnya lalat pada makanan sangat berpengaruh pada kehigienisan dan kebersihan makanan. Lalat menjadi serangga yang juga dikatakan membawa banyak bakteri dan penyakit di tubuhnya.

Untuk mengusir lalat di rumah ternyata bisa dilakukan dengan bahan-bahan dan bumbu dapur yang ada di rumah. Mulai dari kemangi hingga sereh terbukti ampuh untuk usir lalat yang mengganggu di rumah.

1. Kemangi

Daun kemangi (Foto: Freepik)

Kemangi merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki aroma yang cukup khas. Kemangi juga cukup mudah untuk ditanam dalam pot kecil di rumah.

Menanam kemangi atau meletakkan kemangi di beberapa sudut terutama di dapur dikatakan ampuh untuk mengatasi gangguan lalat di rumah. Aroma kemangi yang khas ternyata dibenci oleh lalat sehingga lalat akan menyingkir dan tidak beterbangan lagi di rumah.

Kemangi dianggap sebagai bumbu dapur yang cocok untuk ditanam di dapur arena perawatannya yang mudah dan media tanamnya yang tidak membutuhkan bahan-bahan yang rumit. Selain itu, kemangi yang ditanam di pot kecil juga cocok untuk dijadikan sebagai hiasan di sudut-sudut rumah.

2. Cengkeh

Ilustrasi cengkeh (Foto: Freepik)

Selain memberikan aroma dan rasa yang khas pada makanan, cengeh juga dapat mengusir serangga yang mengganggu di rumah. Trik mengusir serangga seperti lalat dan yang lainnya dengan cengkeh bahkan banyak dilakukan oleh para petani di seluruh dunia.

Cara menggunakan cengkeh untuk mengusir lalat dan serangga di rumah juga bisa dilakukan dengan mudah. Siapkan sebuah apel dan tusukan beberapa cengkeh di sisi-sisinya. Simpan apel yang sudah diberi cengkeh tersebut di sudut-sudut rumah atau pada bagian yang banyak diganggu lalat.

Cengkeh memang sudah sejak lama dipercaya untuk mengusir lalat atau serangga.Aromanya yang khas tersebut yang membuat lalat dan serangga lainnya tidak berani mendekat.

3. Daun Mint

Ilustrasi daun mint (Foto: Freepik)

Baik daun mint yang segar maupun yang telah dikeringkan, keduanya dikatakan ampuh untuk mengusir lalat dan serangga yang mengganggu di rumah. Bukan hanya lalat dan serangga biasa, daun mint juga dikatakan ampuh untuk mengusir nyamuk.

Menggunakan daun mint untuk mengusir lalat dan serangga juga bisa dilakukan dengan dua cara mudah di rumah. Pertama, hancurkan daun mint kemudian simpan pada wadah dan letakkan di sudut dan area yang sering diganggu lalat.

Cara lainnya juga bisa menggunakan daun mint yang sudah dikeringkan kemudian dimasukkan ke daam kantung teh. Cukup gantungkan kantung teh yang berisi daun mint kering di sudut-sudut yang sering diganggu oleh lalat atau serangga.

4. Kayu Manis

Ilustrasi kayu manis (Foto: Freepik)

Walaupun tidak memiliki aroma yang begitu menyengat, tetapi aroma khas dari kayu manis juga dibenci oleh lalat dan serangga. Baik kayu manis yang masih berbentuk batang atau kayu manis yang berbentuk bubuk, keduanya juga ampuh untuk mengusir serangan lalat dan serangga.

Mencampurkan kayu manis pada pengharum ruangan ampuh untuk mengusir lalat dan serangga juga memberikan aroma yang segar pada ruangan. Selain mencampurkannya sebagai pengharum ruangan, kayu manis yang berbentuk batang bisa juga tinggal diletakkan di beberapa sudut rumah untuk mengusir lalat dan serangga.

Kayu manis juga dikatakan memiliki kandungan minyak yang beracun bagi beberapa jenis serangga sehingga banyak serangga yang akan menjauhi kayu manis. Selain pada bentuk alaminya, minyak esensial kayu manis jua ampuh untuk mengusir lalat dan serangga.

5. Serai

Batang serai (Foto: Freepik)

Serai yang segar maupun serai yang sudah diproses menjadi essensial oil, keduanya bisa digunakan untuk mengusir lalat ataupun serangga di rumah. Aroma citrus yang timbul dari serai membuat lalat dan serangga enggan untuk mendekat.

Meletakkan beberap batang serai segar di sudut atau bagian rumah yang banyak dihinggapi lalat menjadi cara mudah untuk mengusir lalat-lalat tersebut. Cukup sediakan wadah untuk menyimpan batang serai utuh tersebut untuk mengusir lalat dan serangga.

Selain itu, menambahkan beberapa tetes essential oil dari minyak serai pada lilin juga menjadi cara mudah untuk menghalau lalat dan serangga. Lilin yang telah ditambahkan minyak serai esensial ini cocok untuk diletakkan di meja makan dan menghalau lalat atau serangga menempel di makanan.

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.