3 Alasan Telur Ayam Cocok Jadi Menu Diet

2 mins read
Menu Diet
Ilsutrasi telur ayam. (Foto: CNN Indonesia)

KESEHATAN, KONTRAS MEDIA – Mengatur pola makan dengan melakukan program diet membutuhkan asupan yang seimbang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta membantu menurunkan berat badan.

Untuk program diet, telur ayam bisa dinikmati dengan cara direbus, dipanggang, atau dijadikan telur dadar.

Selain itu, pelaku diet cukup mengonsumsi 12 telur selama seminggu agar program penurunan berat badan berjalan dengan lancar.

Dikutip dari Medicalnewstoday, berikut tiga alasan mengapa telur baik untuk menurunkan berat badan:

  1. Bergizi dan rendah kalori
    Telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan untuk kesehatan mata. Selain itu, telur mengandung vitamin D untuk meningkatkan kesehatan tulang dan fungsi kekebalan tubuh.

Kolin yang terkandung di dalam telur juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu perkembangan otak. Mengganti nasi dengan mengonsumsi dua telur dicampur dengan sayuran saat makan siang atau makan malam dapat membantu menurunkan kalori.

  1. Kaya akan protein
    Sebuah studi tahun 2012, yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, mengatakan bahwa protein dalam makanan membantu mengatasi obesitas dan sindrom metabolik sehingga membuat orang merasa lebih kenyang. Mengonsumsi telur saat sarapan membuat cepat kenyang namun tidak meningkatkan kalori.
  2. Meningkatkan metabolisme
    Makan makanan berprotein tinggi dapat meningkatkan metabolisme melalui proses yang disebut efek termis dari makanan. Itu terjadi karena tubuh memerlukan kalori ekstra untuk mencerna dan memproses nutrisi dalam makanan.

Karbohidrat dan lemak juga meningkatkan metabolisme, tetapi lebih rendah daripada protein. Oleh karena itu, makan telur dan makanan berprotein tinggi lainnya dapat membantu orang untuk membakar lebih banyak kalori daripada makan karbohidrat atau lemak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.