/

1.900 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Bolmut, Tahap Awal Untuk Forkopimda dan Nakes

1 min read
Vaksin Sinovac
Proses pemindahan 1.900 dosis vaksin covid-19 dari mobil box ke UPDT Instalasi Farmasi Kabupaten Bolmut.

BOLMUT, KONTRAS MEDIA – Vaksin Covid-19 akhirnya tiba di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pukul 16.00 WITA, Rabu (27/01/2021).

1.900 dosis vaksin merek Sinovac asal Tiongkok ini diturunkan dari mobil box dan langsung disimpan di UPTD Instalasi Farmasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut.

Proses penurunan hingga penyimpanan vaksin ini dikawal ketat aparat gabungan TNI dan Polri.

Vaksin tahap awal ini akan disuntikan pada tenaga kesehatan (Nakes) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bolmut.

“Nantinya yang akan lebih dulu disuntikan pada gelombang pertama adalah Forkopimda dan tenaga kesehatan. Sebab, mereka merupakan garda terdepan dalam melawan pandemi covid-19 ini,” ujar Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit Menular, Dinkes Bolmut, Febrianto Lumoto.

Sementara vaksin covid-19 tahap kedua akan diberikan kepada aparat TNI, Polri dan masyarakat umum.

“Kami sudah rapat dan mengusulkan hari Senin pekan depan untuk mulai penyuntikan vaksin Sinovac ini. Namun, masih menunggu petunjuk dan keputusan Bupati dulu,” jelasnya.

Terpisah, Kepala UPTD Instalasi Farmasi Bolmut, Sri Yulastri Paputungan, mengatakan jika vaksin ini disimpan di ruangan khusus yang dilengkapi pendingin.

“Suhunya harus dingin agar memastikan vaksin ini tetap steril. Pun ruangan dan halaman UPTD ini dijaga ketat 1 x 24 jam oleh anggota TNI dan Polri,” ujarnya.

Diketahui, Indonesia merupakan 4 negara yang sudah mulai menggunakan vaksin Sinovac yang telah melalui uji klinis dan ditetapkan aman serta halal.

Penulis: Rendi Pontoh

Leave a Reply

Your email address will not be published.